Aqiqah Hilal

← Kembali

BOLEHKAH ORANG TUA MAKAN DAGING AQIQAH ANAKNYA?

2018-06-04 11:45:23 - Admin - Aqiqah Hilal

Assalamualaikum

Bolehkah orang tua makan daging aqiqah anaknya? Apakah ada larangan?

Yang benar, boleh bagi orang tua anak memakan dagig aqiqah anaknya. Hal ini berdasarkan hadits dari ‘Aisyah tentang masalah aqiqah,

يُجْعَلُ جُدُوْلاً ، يُؤْكَلُ وَيُطْعَمُ

Akhirnya dijadikan tulang (yang tidak dipecah) untuk dimakan dan diberi makan pada yang lainnya.” (HR. Ibnu Abi Syaibah juz ke-5). Judulan atau jadl adalah setiap tulang yang disimpan tanpa dipecah dan tidak bercampur dengan lainnya. Ini disebutkan dalam Al-Qamus Al-Muhith, hlm. 975.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin berkata dalam Syarh Al-Mumthi’ (7: 545), bahwa judulan adalah anggota tubuh hewan berupa tulang yang tidak dipecah. Tulang tersebut diambil dari persendian-persendian.

Disebutkan pula dalam Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah, orang yang memiliki hajat aqiqah bisa membagi hasil daging aqiqah dalam bentuk daging mentahan atau yang sudah matang. Hasil tersebut bisa diserahkan pada fakir miskin, tetangga, kerabat atau teman dekat. Keluarganya pun bisa memakan darinya. Ia pun boleh mengundang orang miskin, orang kaya untuk makan-makan di rumahnya. Masalah ini ada kelapangan.

Semoga manfaat. Hanya Allah yang memberi taufik dan hidayah.

sekian penjelasan artikel Aqiqah Bandung tentang AQIQAH SEBELUM HARI KETUJUH semoga bermanfaat untuk ayah bunda.

Alhamdulillah kami Pusat Paket Aqiqah Bandung sudah berpengalaman menjadi penyedia jasa  Paket Aqiqah Bandung dari tahun 2013. Pusat Aqiqah Bandung  menyediakan paket Aqiqah yang beragam sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dari ayah bunda. Selain itu dengan beraqiqah di Pusat Paket Aqiqah Bandung berarti Ayah Bunda menjadi bagian dari penyantun anak yatim, karena dengan aqiqah di Pusat Paket Aqiqah Bandung artinya anda bersedekah untuk anak yatim di pesantren yatim al Hilal. Kami menyediakan paket aqiqah Bintang 1 sampai bintang 3 khusus bagi ayah bunda yang tidak mau repot karena bisa dipesan langsung sampai menjadi nasi kotak.

Kenapa harus di Al hilal Aqiqah Bandung ?

  1. Kami menyediakan hewan mentah atau sudah diolah menjadi masakan sate, gule, dll (BANDUNG RAYA dan CIMAHI DIANTAR GRATIS).
  2. Kualitas dan rasa masakan terjamin karena dikelola dan dimasak oleh juru masak yang berpengalaman
  3. Aqiqah Anda Insya Alloh berkah karena di sini anda sekaligus bersedekah (setelah dikurangi biaya operasional keuntungan dari usaha ini digunakan untuk mendukung program anak yatim).
  4. Mendapatkan sertifikat dan buku risalah aqiqah
  5. Dibantu mendistribusikan ke panti-panti asuhan dan desa untuk support program dakwah.
  6. Halal dan higienis serta pengelolaan sesuai syariat, Bersertifikat MUI No. 01161203470418
 
Tags : aqiqah al hilal,aqiqah indonesia,aqiqah cimahi,aqiqah bandung
Layanan Aqiqah
Cara Donasi