Berita

← Kembali

Mushaf Al-Qur'an Berusia Ratusan Tahun di Pulau Alor NTT

2018-09-12 16:52:17 - ujang - Berita

Mushaf Al-Qur'an berusia ratusan tahun yang berada di Kabupaten Alor NTT (Nusa Tenggara Timur), masih tersimpan di sebuah rumah milik keturunan Iang Gogo, penyebar agama Islam asal Ternate Maluku Utara.

Kitab suci itu disebutkan terbuat dari kulit kayu tampak utuh dan dapat dibaca, hanya beberapa bagian yang mulai rapuh termakan usia.

Al-Qur'an itu dibawa ke Alor NTT sekitar tahun 1518 pada zaman Sultan Babullah dan selama ini disimpan di dalam kotak kaca, untuk menghindari sentuhan para pengunjung yang datang melihat salah satu benda sejarah di Alor NTT.

Nurdin Gogo, yang merupakan keturunan ke-14 dari Iang Gogo, mengatakan larangan untuk menyentuh Al-Qur'an dilakukan untuk menjaga kitab suci itu agar tetap utuh. Karena pernah terjadi kebakaran di rumah Nurdin Gogo sampai seluruh rumah hangus terbakar, namun yang tersisa dan tidak terbakar adalah Al Qur'an ini, masya Alloh.

 

Kita bisa berDonasi wakaf Al-Qur'an terbaru dengan transfer uang ke rekening Bank Mandiri 1320015653331 a.n Yayasan Al-Hilal Rancapanggung
 Donasi Rp 100.000 (Qur’an + iqro). Sudah termasuk biaya distribusi.

Setelah transfer diMohon konfirmasi via WA/SMS ke +6281222202751
atau email pengasuhanakyatim@gmail.com

 
Tags : wakaf,quran,al-qur'an,pesantren,yatim,Al-Hilal,yayasan,usia,ratusan,tahun,mushaf
Layanan Aqiqah
Cara Donasi