Artikel

← Kembali

Tips Agar Dapat Meluangkan Waktu Untuk Membaca Alquran

2019-01-28 16:04:13 - Admin - Artikel

Lakukan Hal Ini Agar Dapat Membaca Al-Qur'an Tanpa Terganggu Aktifitas-aktifitas Lainnya

Al-Qur'an bukan hanya sebuah kitab suci, tetapi juga petunjuk hidup manusia dalam kehidupan ini. Di dalamnya terdapat hikmah-hikmah yang sangat luar biasa untuk solusi permasalahan kita.

Membaca kitab suci Al-Qur'an pada hakikatnya adalah mengingat Allah yang maha pengasih dan maha penyayang. Berdasarkan ayat di atas pun dikuatkan hanya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenang.

Di antara pintu terbesar untuk mencapai kelapangan hidup agar tidak terjebak dalam kesempitan yang membelenggu adalah dengan membaca Al-Qur'an. Hati bisa sewaktu-waktu berkarat sebagaimana besi, mengingat kematian dan membaca Al-Qur'an merupakan media pembersih karat tersebut. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berikut:

 

إِنَّ هَذِهِ الْقُلُوْبَ تَصْدَأُ  كَمَا يَصْدَأُ الْحَدِيْدُ إِذَا أَصَابَهُ الْمَاءُ، قِيْلَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَمَا جَلَاؤُهَا؟ قَالَ: كَثْرَةُ ذِكْرِ الْمَوْتِ وَتِلاَوَةِ الْقُرْآنِ

 

Artinya: "Sesungguhnya hati itu bisa korosi sebagaimana besi ketika bertemu dengan air. Kemudian ada yang bertanya kepada Baginda Nabi, 'Ya Rasulallah, lalu apa yang dapat menghilangkan korosi tersebut?' Rasul menjawab, 'Banyak mengingat kematian dan membaca Al-Qur'an'." (HR Baihaqi).

Namun, Banyak masyarakat yang jarang membaca al-qur'an ini karena ALASAN TIDAK ADA WAKTU. Tidak ada waktu untuk membaca satu ayat al-quran tetapi ada waktu untuk bermain game, mengobrol dengan teman, sibuk membuka hp, dan alasan klasik lainnya. Membaca al-quran bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, tergantung kemauan membaca al-quran pada diri kita masing-masing. Oleh karena itu saya akan membagikan tips agar dapat membaca al-quran tanpa terganggu aktifitas-aktifitas lainnya.

  1. Buat catatan target membaca al-qur'an perhari. Minimal 10 ayat, lebih banyak lebih bagus
  2. Jangan beranjak pergi setelah shalat fardhu sebelum mencicil target membaca al Qur'an.
  3. Jangan membuka hape sebelum mencicil target membaca al Qur'an.
  4. Jangan sibuk kerja rutin sebelum mencicil target membaca al Qur'an.
  5. Jangan menjumpai klien atau ikut meeting sebelum mencicil target membaca al Qur'an.
  6. Jangan pergi bergaul dengan teman sebelum mencicil target membaca al Qur'an.
  7. Jangan tenggelam membaca buku atau novel sebelum mencicil target membaca al Qur'an.
  8. Jangan merenung membuat konsep atau rencana sebelum mencicil target membaca al Qur'an.
  9. Jangan asyik mengobrol atau bermain sebelum mencicil target membaca Al Qur'an.
  10. Jangan tidur di malam hari sebelum TUNTAS mencapai target membaca al Qur'an.

Sebab kamu mungkin tidak tahu disitulah letak berkah hidupmu.

Di dalam Al-quran ada tiga posisi Al-quran yang fungsinya sebagai petunjuk. Al-quran menjadi petunjuk bagi manusia secara umum, petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, dan petunjuk bagi orang-orang yang beriman. Jadi Al-quran tidak hanya menjadi petunjuk bagi umat Islam saja tapi bagi manusia secara umum. 

 
Tags :
Layanan Aqiqah
Cara Donasi