Artikel

← Kembali

Cara Menumbuhkan Sifat Dermawan terhadap Anak Sejak Dini

2019-01-30 13:54:50 - Admin - Artikel

Dermawan atau pemurah hati ialah orang suka membantu orang yang membutuhkan. Orang seperti ini rela memberikan hak miliknya kepada orang lain agar dengan tanpa mengharapkan balasan apapun. Sifat dermawan seperti ini seharusnya ditanamkan sejak dini. Sebab dengan kita menanamkan sifat dermawan pada anak maka kelak anak tersebut jika tumbuh dewasa menjadi anak yang suka menolong orang lain atau memberi bantuan kepada orang lain.

Cara untuk menumbuhkan salah satu sifat yang terpuji pada anak seperti sifat dermawan pada anak. Ketika keluarga berjalan - jalan ke sebuah pusat perbelanjaan atau di pasar, secara otomatis ditempat tersebut terdapat banyak pengemis dan sejenisnya. Tumbuhkanlah rasa empati dan simpati pada anak. Maka sebagai orang tua yang kita lakukan adalah kita memberi uang kepada anak agar anak memberi uang  secara langsung kepada pengemis. Dengan seperti itu secara tidak langsung kita menanamkan sifat yang terpuji yaitu dermawan. 

Tak hanya itu ketika pengemis diberi uang saya yakin seorang pengemis akan mendoakan anak kita, anak juga akan mendengarkan doa tersebut, disitu pula terjadi kegiatan saling tolong menolong dan anak juga pasti akan merasa senang. Tak hanya itu ketika anak di ajak ayah untuk melaksanakan sholat jumatan, pada saat pulang dari masjid, hendaknya anak diberi uang agar dimasukkan di kotak amal dengan begitu anak kan terbiasa dan ketika kelak besar dia akan melakukan hal yang sama. Tertanamlah sifat - sifat yang terpuji pada diri anak mulai sejak dini. 

Seperti yang sedang dilakukan oleh siswa dan siwi SD Ar Rafi Bandung, mereka diajarkan oleh guru- gurunya untuk saling berbagi. Salah satunya dengan berkunjung ke Yayasan Al Hilal Bandung pada hari Senin 28 Januari 2019 dengan memberikan Donasi berupa uang dan seperangkat Alat tulis untuk adik- adik yatim dan dhuafa Pesantren Al Hilal Bandung.

Yayasan Al Hilal mengucapkan terimakasih kepada siswa-siwi dan Guru-guru SD Ar Rafi Bandung yang telah menyempatkan waktunya untuk datang berkunjung dan berdonasi. Semoga apa yang di cita- citakan oleh siswa-siswi SD Ar Rafi Bandung dikabulkan oleh Allah swt , dan kelak menjadi manusia yang dermawan, senang berbagi dan menolong sesama. Aamiin yaa rabbal’alamiin..

 

Kantor Pusat Yayasan Al Hilal : Jl. Gegerkalong Hilir No 155A Bandung

Telp: 022-2005079

Kirimkan kepedulian Anda melalui rekening an Yayasan AL Hilal :

Mandiri 1320015653331 (Khusus Wakaf Qur'an)

Mandiri 1320012549953 (Khusus Santunan Anak Yatim)

Konfirmasi Donasi : 081222202751

Kunjungi juga website www.wakafquran.or.id

 
Tags :
Layanan Aqiqah
Cara Donasi