Berita

← Kembali

MUKHOYYAM TPA PESANTREN AL HILAL 1 CILILIN

2019-04-25 11:24:11 - ujang - Berita

PANTI ASUHAN BANDUNG

Mukhoyyam merupakan kegiatan yang biasa dilakukan di sekolah, pesantren, atau lembaga lainnya. Istilah mukhoyyam ini diambil dari bahasa Arab apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah kemah. Taman Pendidikan Agama (TPA) Al Hilal pada hari sabtu dan minggu telah melaksanakan kegiatan mukhoyyam pertama dengan tema “Generasi Qur’ani yang Cinta Alam”. Dari tema tersebut sudah jelas bahwa kegiatan mukhoyyam ini bertujuan agar peserta mampu mencintai Al Qur’an dengan selalu membaca, menghafalkan, dan mengamalkannya. Melalui kegiatan yang dilaksanakan di alam terbuka harapannya peserta mampu menikmati suasana yang berbeda. Mukhoyyam dilaksanakan di pesantren Al Hilal Cililin tepatnya di belakang pasar Rancapanggung. Kegiatan mukhoyyam ini diikuti oleh murid-murid TPA Al Hilal dengan jumlah kurang lebih 80 anak.

PANTI ASUHAN BANDUNGPANTI ASUHAN BANDUNG

PANTI ASUHAN BANDUNGPANTI ASUHAN BANDUNG

Melihat banyak peserta yang sangat antusias terhadap acara mukhoyyam TPA Al Hilal ini, kami selaku panitia berencana untuk membuat recruitment relawan mukhoyyam, dimana relawan tersebut kami tempatkan sesuai dengan kebutuhan, dan yang paling dibutuhkan adalah relawan untuk menjadi fasilitator. Kenapa menjadi suatu hal yang penting, karena fasilitator ini akan membimbing peserta mukhoyyam dari awal sampai akhir acara. Setelah melakukan berbagai iklan di media massa baik itu facebook, instagram dan media sosial lainnya, banyak yang ikut berpartisipasi baik itu secara moril maupun materil. Diantaranya ada dari mahasiswa, pelajar, kemudian dari organisasi memanah yang ada di daerah Cililin. Selain itu juga, ada yang memberikan infaq baik dari relawan maupun orangtua peserta. Karena ini adalah acara mukhoyyam jadi peserta diharuskan untuk mendirikan tenda yang dimbing oleh fasilitatornya masing. Acara mukhoyyam ini dilaksanakan oleh TPA jadi targetan hafalan mereka yaitu juz 30. Maka diadakan kegiatan membaca juz 30 bersama-sama yang dipimpin oleh peserta mukhoyyam. Setelah itu melakukan sholat maghrib berjama’ah, dan dilanjutkan ceramah yang dipimpin oleh ustadz/pengajar yang ada di pesantren Al Hilal Cililin. Kegiatan malam hari sebelum peserta tidur adalah api unggun. Kegiatan api unggun ini tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh peserta. Karena peserta bisa menikmati suasana malam hari di luar dengan semburat api unggun yang menghidupkan malam menjadi terang. Acara api unggun diisi dengan penampilan jargon dari masing-masing kelompok dan diteruskan dengan permainan yang diberikan oleh tim acara api unggun.

PANTI ASUHAN BANDUNGPANTI ASUHAN BANDUNG

PANTI ASUHAN BANDUNGPANTI ASUHAN BANDUNG

Pada hari minggu pagi, anak-anak melakukan sholat tahajjud bersama yang dipimpin oleh ustadz Al Hilal Cililin. Kemudian muroja’ah atau mengulang kembali hafalan yang sudah dihafalkan oleh peserta sampai waktu shubuh. Setelah itu, dilanjutkan sholat shubuh berjama’ah dan muhasabah. Acara muhasabah ini dipimpin oleh ustad Dede dengan tujuan agar peserta mampu melakukan perenungan dengan khidmat dan penuh penghayatan. Peserta kemudian diarahkan untuk mandi, bersih-bersih dan makan oleh masing-masing fasilitator Lalu dilanjutkan dengan kegiatan olahraga senam hijaiyyah dan senam haramain. Senam hijaiyyah ini adalah senam yang membantu peserta untuk mampu mengenal huruf hijaiyyah dengan pelafalannya yang benar. Sedangkan senam haramain adalah senam yang dilakukan untuk mempermudah peserta menghafal isi kandungan ayat Al-Qur’an dengan gerakan. Setelah itu peserta beristirahat dan bersiap-siap untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya. Adapun kegiatan itu adalah arena permainan edukasi yang harus diselesaikan oleh masing-masing kelompok. Tantangan atau permainan yang sudah disediakan oleh panitia diantaranya adalah sedot susu, hajar aswad, jembatan syirotol mustaqiem, Al Hilal menyoblos, jangan masuk ke dalam lubang yang sama, water spider, bom air, dan pilih kartu hafalan. Peserta sangat terlihat gembira dan senang meskipun sudah kelelahan. Acara terakhir adalah panggung gembira, menanam pohon dan pembagian hadiah. Di penghujung acara seluruh panitia dan relawan melakukan foto bersama.

PANTI ASUHAN BANDUNGPANTI ASUHAN BANDUNG

Terima kasih kami ucapkan kepada para donatur Al Hilal semoga acara mukhoyyam ini terlaksana kembali di tahun mendatang.

Donasi untuk kegiatan santri Al Hilal silahkan Transfer ke Rekening Bank Mandiri 1320012549953 a.n Yayasan Al Hilal

Konfirmasi Donasi ke Nomer 081222202751

 
Tags : panti asuhan bandung,anak yatim bandung,anak yatim,panti asuhan,pesantren alhilal,pesantren yatim,pesantren yatim alhilal,pesantren tahfidz alhilal
Layanan Aqiqah
Cara Donasi