Kegiatan Pramuka yang senantiasa dilaksanakan oleh santri Penghafal Quran Pesantren Al Hilal 1 Cililin senantiasa memberikan warna baru dari berbagai materi yang dipelajari oleh setiap Santri. Hari Sabtu ini (17/07/2021) dalam materi Kepramukaannya, Santri telah diberikan Materi untuk mengenal Sandi Pramuka oleh Kak Hafidz dan Kak Dimas.

Apa ya materi Sandi Pramuka itu? Sandi pramuka biasa digunakan sebagai permainan dalam kegiatan kepramukaan. Kak Hafidz dan Kak Dimas yang memberikan langsung materi tersebut untuk Santri, menggunakan salah satu metode Kepramukaan, yaitu dengan membuat Abjad dari gerakan tubuh masing-masing Santri untuk dihafalkan oleh mereka. Ternyata, sandi-sandi dalam pramuka tidak hanya itu saja loh sahabat Al Hilal! Yuk kenali berbagai Sandi dalam Kepramukaan.

Selain menjadi alat pelindung, sandi juga dapat menjadi alat komunikasi seperti dalam materi Kepramukaan loh! Membahas tentang sandi Pramuka, yuk kenali berbagai Macam sandi yang ada di dalam kegaiatan Pramuka!

  1. Sandi Morse

Sandi ini biasa digunakan oleh anggota pramuka dengan menggunakan senter atau peluit pramuka. Untuk tanda titik, kita bisa meniup peluit dengan durasi pendek, sedangkan untuk garis, kita bisa meniup peluit dengan durasi yang agak panjang.

Sandi ini termasuk salah satu sandi yang paling mudah untuk digunakan. Kenapa? Dalam sandi A-Z, kita hanya perlu membalik alphabet A dengan Z, B dengan Y, dan seterusnya. Jadi, untuk menggunakan sandi ini tidak perlu kemampuan khusus.

Nah berbeda dengan sandi-sandi yang lainnya, untuk belajar sandi ini, kita harus membuat dua garis horizontal dan dua garis vertikal serta dua garis yang bersilangan. Setelah itu, berikan satu titik di setiap ruang yang ada.

Nah itulah beberapa macam sandi yang saat ini sedang dipelajari oleh santri Penghafal Quran Pesantren Al Hilal 1 Cililin. Apakah sahabat Al Hilal pernah atau sedang mempelajarinya?

Kegiatan Kepramukaan pun menjadi salah satu kegiatan favorit santri Pesantren Al Hilal. InsyaAllah kegiatan ini akan dilaksanakan setiap satu minggu sekali bersama Kak Hafidz dan Kak Dimas. Materi Kepramukaan apa ya yang akan diterima Santri di Minggu selanjutnya?

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751