Pondok Pesantren Al-Hilal merupakan salah satu pondok pesantren yang dikhususkan bagi santri anak yatim dan penghafal Al-Quran. Didirikan sejak tahun 2002 oleh Hendra Setiawan. Di awal perkembangan, Pondok Pesantren berdiri sebagai lembaga penyantun anak yatim. Oleh sebab itu, hingga saat ini seluruh santri tidak dipungut biaya.

Pada 2009 mulai dilakukan pembangunan Pesantren Al-Hilal Rancapanggung dengan bermodalkan hasil keuntungan dari usaha pendiri yaitu penerbitan Al Quran Jabal. Dari situlah, pesantren ini mulai berkembang hingga saat ini memiliki tiga cabang yaitu di Rancapanggung, Cibiru, dan Gegerkalong.

Pada 2012 awal, Pondok Pesantren Al-Hilal mulai menjadi sebuah lembaga professional dibuktikan dengan kelegalan secara badan hukum dengan Akta Notaris Dendi Stefandi dan memiki Surat Keputusan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan nomor AHU-41766.AH.01.04 dan disahkan pada tanggal 07 Juli 2011

Sejak saat itu Pondok Pesantren Al-Hilal memiliki kantor pusat di Jalan Gegerkalong No. 155A, Sarijadi, Sukasari Bandung dengan jumlah santri saat ini mencapai 500 orang dari mulai santri yatim, penghafal Al Quran, dan TPA.

Memiliki beberapa program yaitu :

1. Beasiswa Anak Yatim (Pesantren Gontor, Al Azhar Mesir)

2. Jambore Santri

3. Wisuda Tahfidz

4. Rihlah

5. Kebun Santri

6. Tadabbur Alam, dan lain-lain.