Close

Ujian Tilawah dan Tajwid Pesantren Al Hilal 1 Cililin

Seorang muslim meyakini kesucian dan keutamaan kalamullah, kalam yang paling utama dan sempurna; tidak ada cela dan kebatilan sedikitpun padanya.

Al-Qur`an merupakan sebaik-baik dan sebenar-benarnya kalam, barangsiapa yang berhukum dengan Al-Qur`an pasti ia akan berada di atas keadilan dan jauh dari kezhaliman. Dan barangsiapa yang berpegang teguh dengan Al-Qur`an (dan Al-Hadits) sebagai jalan hidupnya dalam segala aspek kehidupanya maka -dengan idzin Allah Ta’ala- hidupnya akan sukses di dunia hingga di akhirat kelak.

Namun hal itu tidak akan bisa tercapai kecuali jika kita mempelajari dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Maka kita sebagai seorang muslim, tidaklah pantas melupakan Al-Qur`an dan mengambil hukum lain dalam menyelesaikan permasalahan hidup. Dengan tilawah (membaca) dan memahami Al-Qur`an terus menerus, sedikit demi sedikit, Insya`Allah akan kita dapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan yang menambah keimanan kita.

Dan tentunya untuk Pesantren yatim Al Hilal agar anak-anak yatim semakin dekat dan lebih memahami Al Qur’an.

Ujian Tilawah dan Tajwid Pesantren Al Hilal 1 Cililin 1

Pesantren Al Hilal 1 Cililin mengadakan Ujian lisan Tilawah dan Tajwid untuk para santri. Ujian ini dilaksanakan dari tanggal 30 Oktober hingga 6 November 2019 dengan melibatkan seluruh Asatidz dan Asatidzah yang bertugas sebagai penguji para santri.

Kegiatan ujian ini dilaksanakan secara tatap muka diruangan khusus yang ada di Pesanten Al Hilal 1 Cililin, kemudian Para santri diminta membaca surat dan ayat yang telah ditentukan, Santri diminta menyebutkan hukum tajwid dan menjelaskan nya.

Tidak hanya itu, para penguji pun memberikan motivasi agar senantiasa semangat dalam belajar Al Qur’an dan ilmu tajwid.

Ujian Tilawah dan Tajwid Pesantren Al Hilal 1 Cililin 2

Tujuan diadakannya ujian ini adalah, untuk melihat sejauh mana hasil pembelajaran tilawah Al-Qur’an dan penguasaan santri terhadap materi ilmu tajwid melihat siapa yang sudah mencapai kompetensi dan siapa yang belum, maka ujian ini menjadi dasar dalam pelaksanaan remedial dan pengayaan untuk para santri.

Semoga Santri Pesantren Al Hilal 1 CIlilin dapat istiqomah dalam mempelajari dan memahami Al Qur’an. Dengan berbekal Alquran dan Sunah, seorang anak akan mampu menghadapi ujian hidup. Besar harapan dengan adanya kegiatan ini, Pesantren Al Hilal dapat mencetak Generasi Qur’ani yang berkualitas.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *