Cuaca yang saat ini sedang tidak menentu, sama sekali tidak menurunkan semangat para santri yatim dan penghafal Al-Quran Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan untuk senantiasa mengikuti kegiatan belajar dan mengaji di pondok.

Sehingga, suasana di pondok pun selalu hangat diselimuti oleh lantunan ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh para santri. Baik itu ketika murojaah bersama, hafalan ziyadah ataupun setoran hafalan dari masing-masing santri. Syahdu dan menenangkan hati adalah suasana yang tergambar saat kegiatan belajar dan mengaji berlangsung di pondok Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan.

Murojaah Hafalan Warnai Rutinitas Santri Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Alhamdulillah, suasana tersebut kembali dirasakan di pondok Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan pada Selasa (14/11/2023). Adik-adik santri kembali melaksanakan rutinitas belajar dan mengaji bersama Asatidz dan Asatidzah di pondok. Kegiatan pun dibuka dengan piket harian, Murajaah bersama serta hafalan ziyadah. Kegiatan pun dilanjutkan dengan salat Maghrib dan Isya berjamaah.

Murojaah hafalan merupakan salah satu metode yang dilakukan dalam upaya untuk menjaga hafalan Al-Quran. Sebab, tak jarang santri melupakan hafalan yang telah disetorkan sebelumnya. Oleh sebab itu, sangat diperlukan kegiatan murojaah ini untuk menjaga hafalan.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Salah satu pengajar di pondok Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan, Ustazah Nadiyah mengatakan bahwa kegiatan ini, terutama murajaah hafalan sangat penting dan wajib dilaksanakan oleh para santri penghafal Al-Quran. “Dalam menjaga hafalan Al-Quran, sangat diperlukan untuk murojaah harian.

Baik itu secara berjamaah bersama secara serempak atau masing-masing dibantu oleh pengajar dan teman sejawatnya untuk menyimak bacaan yang telah dihafalkan. Karena dengan adanya seorang penyimak maka seorang penghafal akan mengetahui letak kesalahan dan bacaan yang kurang teliti atau kurang tepat saat proses penghafalan.”

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Ustazah Nadiyah melanjutkan. “Maka dengan itu, di pondok Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan ini kami melakukan kegiatan rutin setiap harinya di antaranya murojaah dan hafalan ziyadah. Selain itu, setiap para santri menyetorkan hafalannya kami juga mengevaluasi dahulu hafalan mereka sebelum para santri lanjut ke hafalan selanjutnya,” ujarnya.

Informasi selengkapnya:

✅ Youtube:

✅ Instagram:

✅ Facebook:

Informasi & Call Center

☎ Telpon: 022 2005079

☎ WA: 0812 2220 2751

Penulis: Elis Parwati

×