PESANTREN YATIM AL HILAL – Tahukah sahabat Al Hilal bahwa para santri di Pesantren Al Hilal 3 Sarikaso telah tamat melaksanakan Shaum Syawal? Alhamdulillah tepat pada Sabtu (29/05/2021) para santri di Pesantren Al Hilal 3 Sarikaso telah malaksanakan enam hari Puasa Syawal. Dalam pelaksanaan Puasa Syawal yang telah diselesaikan pada hari Kemarin, para santri pun berbuka puasa bersama untuk menutup Puasa Syawal di tahun ini.

Sahabat Al Hilal, Puasa syawal, puasa yang biasanya dilaksanakan oleh umat Muslim setelah merayakan hari raya Idul Fitri. Namun, tahukah sahabat Al Hilal, bahwa puasa Syawal pun dihukumi makruh oleh sebagian ulama mazhab. Lantas, bagaimana hal ini bisa terjadi? Tentu, Perbedaan pendapat tentang hukum puasa Syawal itu bukan hal baru. Ini telah ada sejak ratusan tahun lalu, yakni 13 abad lalu.

Puasa Syawal adalah ibadah puasa sunnah yang dilakukan selama enam hari berturut-turut di bulan Syawal. Meski bukan amalan ibadah wajib seperti puasa Ramadan, keutamaan puasa Syawal dapat menyempurnakan puasa Ramadan yang sudah ditunaikan sebulan penuh. Bahkan keutamaan puasa Syawal bernilai lebih dari itu, yakni dianggap sebagai puasa setahun penuh dan pahala yang didapat lebih berlipat ganda.

Bahkan, melaksanakan Puasa Syawal pun memiliki keutamaan yang tidak main-main loh! Keutamaan puasa syawal adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda, yaitu seperti menjalankan puasa selama setahun. Puasa Syawal hanya dikerjakan selama enam hari, akan tetapi Allah SWT akan memberi ganjaran atau pahala seperti seseorang yang puasa selama 12 bulan.

Rasulullah SAW pun yelah menyampaikannya dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh HR. Muslim, dalam hadist tersebut Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

“Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama enam hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun.” (HR. Muslim).

Sungguh, Pahala puasa Syawal ini menjadi penyempurna puasa Ramadan. Dan InsyaAllah para santri pun akan mendapatkan pahala dari Puasa Syawal yang telah mereka kerjakan. Apakah sahabat Al Hilal melaksanakan Ibadah Puasa Syawal?

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

×