Masya Allah, pada Sabtu (17/06/2023), adik-adik santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasir Biru menghabiskan akhir pekan mereka dengan berbagai kegiatan pembelajaran yang bermanfaat. Bersama Ustadzah Hilwa, Ustadz Hafidz serta Ustadzah Nisa, mereka fokus pada beberapa materi penting.

Dalam kelas belajar dan mengaji sesi pertama dimulai dengan pembelajaran menyalin huruf hijaiyah. Adik-adik santri diberikan kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan menulis huruf-huruf Arab dengan baik dan benar. Melalui kegiatan ini, mereka dapat memperbaiki ketelitian dan keindahan tulisan mereka.

Adik-Adik Santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 pada Belajar Apa Ya
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Selanjutnya, para santri belajar menghafal surat-surat Al-Quran. Mereka diberikan bimbingan dan dorongan untuk meningkatkan hafalan mereka, dengan tujuan memperdalam pemahaman dan kecintaan terhadap kandungan ayat-ayat suci Al-Quran.

Tidak hanya itu, adik-adik santri juga belajar tentang makhorijul huruf, yaitu tempat keluarnya huruf-huruf dalam Al-Quran. Dengan mempelajari makhorijul huruf, mereka dapat memahami bagaimana cara melafalkan huruf-huruf dengan benar, sehingga membantu meningkatkan tartil dan tajwid dalam membaca Al-Quran.

Selain itu, para santri juga melakukan setoran hafalan baru. Mereka berusaha menghafal surah-surah baru sebagai bagian dari pengembangan hafalan Al-Quran mereka. Ini merupakan kesempatan bagi mereka untuk menguji dan meningkatkan kemampuan hafalan mereka secara berkelanjutan.

Tak ketinggalan, adik-adik santri juga belajar tahsin (pengembangan keindahan bacaan) dan tsafaqoh Islamiyah. Melalui pembelajaran ini, mereka diberikan pemahaman tentang tata cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar, serta mempelajari nilai-nilai Islamiyah yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kegiatan pembelajaran akhir pekan ini menunjukkan semangat adik-adik santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasir Biru dalam memperdalam pemahaman mereka tentang Al-Quran dan agama Islam. Dengan pengajaran yang beragam dan terarah, diharapkan mereka dapat menjadi hafidz Al-Quran yang berkompeten dan penuh keberkahan.

Semoga adik-adik santri terus mengambil manfaat dari setiap kesempatan belajar yang diberikan dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui Al-Quran. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Elis Parwati Adik-Adik Santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 pada Belajar Apa Ya? Adik-Adik Santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 pada Belajar Apa Ya?

×