Close

Amalan Hari Jumat: Memotong Kuku

PESANTREN AL HILAL – Salah satu amalan yang sering kali kita laksanakan pada hari Jumat adalah memotong kuku. Sahabat Al Hilal, memotong kuku merupakan salah satu dari beberapa amalan sunnah yang ada pada hari Jumat. Bahkan Rasulullah SAW pun membiasakan diri untuk memotong kuku nya pada hari baik tersebut. hal tersebut pun diriwayatkan dalam sebuah hadist Al Baihaqi,

Nabi Muhammad SAW biasa mencukur kumis dan kukunya di hari Jumat.”

Tentu, hal tersebut pun memiliki faedah yang sangat banyak. Salah satu manfaat yang dapat kita rasakan yaitu menjaga diri kita dari kemungkinan munculnya bakteri dari balik sela-sela kuku kita.

Amalan Hari Jumat: Memotong Kuku 1

Sahabat Al Hilal, setelah para santri melaksanakan sholat dhuha berjamaah santri pun melanjutkannya sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW yaitu memotong kuku. Bertempat di Masjid Marwah, para santri melaksanakan salah satu amalan pada hari Jumat tersebut. Para santri yang memotong kuku pun Alhamdulillah melaksanakannya sesuai dengan apa yang telah disunnahkan yaitu mulai dari tangan kanan yang diawali dari jari telunjuk, jari tengah, jari manis, kelingking, dan diakhiri dengan jempol. Sedangkan untuk jari tangan sebelah kiri, dimulai dari jari kelingking,jari manis, hingga jempol.

Dalam memotong kuku pun para santri dengan kompaknya saling membantu satu sama lain dengan saling memotong kuku temannya jika salah satu dari mereka kesulitan untuk memotong kuku. Karena tak jarang kita pun kesulitan ketika memotong kuku bukan?

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *