Dalam proses membina dan mendidik para Santri Yatim Penghafal Al Quran, Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal tidak pernah berhenti untuk mengapresiasi pencapaian para santrinya, guna menambah semangat belajar dan menghafal Al Quran.

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dimulai dari khusus hingga global. Peningkatan kualitas santri juga tak lepas dari peran pentingnya Asatidz dan Asatidzah dalam melakukan penerapan tips atau cara jitu untuk menunjang keberhasilan target pendidikan, salah satunya dengan memberikan apresiasi berupa reward atau hadiah untuk para santri yang mencapai target yang telah ditentukan.

Apresiasi untuk Santri Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Pemberian apresiasi ini tentunya diberikan sebagai salah satu cara dan implementasi dari model pembelajaran yang bisa diterapkan oleh Asatidz dan Asatizah sebagai wujud penghargaan bagi para santri atas target yang telah diraihnya.

Pemberian apresiasi sangat penting dilakukan kepada para santri, sebab hal ini sudah terbukti di beberapa kalangan dapat mendongkrak motivasi dan minat belajar para santri dalam suatu proses pembelajaran.

Seperti yang dilaksanakan oleh para Asatidz dan Asatidzah di Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon pada Jum’at (06/01/23) yang mengapresiasi para santri yang memiliki hafalan terbanyak dengan memberikan hadiah dan sebuah tote bag yang begitu lucu dengan berbagai motif yang nyentrik. Santri lainnya juga turut mendapatkan tote bag tersebut, loh!

Inilah cara kecil para Asatidz dan Asatidzah Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon yang patut kita tiru untuk meningkatkan semangat belajar dan menghafal para Santri Yatim dan Penghafal Al Quran di Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon. Berbagi apresiasi kecil, meski ternilai sederhana tetapi hal ini sangat berkesan bagi para santri untuk terus semangat karena mereka akan merasa bahwa prestasi dan pencapaian mereka dihargai dan dianggap. Hal tersebut menjadi hadiah yang lebih menyenangkan bagi mereka. Masya Allah Tabarakallah.

Apresiasi untuk Santri Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Para santri tampak bahagia ketika mendapatkan hadiah berupa tote bag yang telah dipersiapkan oleh Asatidz dan Asatidzah Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon.

Kepuasan terlihat begitu jelas di wajah para santri yang sebelumnya memulai kegiatan dengan Giat Kebersihan di sekitar lingkungan pondok tempat mereka mengaji dan belajar, demi menjaga kebersihan dan kenyamanan mereka saat belajar. Juga sebagai pembiasaan diri supaya nanti mereka bisa terbiasa menjaga kebersihan di sekeliling mereka tak hanya di pondok tempat mengaji saja.

Kemudian selanjutnya para santri pun memulai rutinitas belajar dan mengaji. Pada kesempatan kali ini para santri mempelajari materi tajwid bersama Asatidz Asatidzah.

Jum’at ini tak hanya diberi kebahagiaan melalui apresiasi yang diberikan oleh Asatidz dan Asatidzah Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon saja, para santri juga mendapat kebahagiaan melalui nasi box sedekah dari para donatur yang mereka santap bersama-sama agar menambah kenikmatan, kebersamaan dan keberkahan.

Jazakumullah khairan katsiran, orang-orang baik.

Doakan selalu ya, Sahabat! Semoga para santri Pesantren Al Hilal senantiasa dalam lindungan Allah SWT, selalu sehat dan diberi kemudahan dan kelancaran dalam perjalanannya untuk menjadi seorang Penjaga Al Quran. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.

Youtube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Elis Parwati

×