Alhamdulillah wa Syukurillah, Sahabat Al Hilal! Kegiatan belajar santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasir Biru kembali dilaksanakan di Pondok.

Pada kesempatan kali ini adik-adik santri belajar dengan dua guru hebat yang hingga saat ini terus setia mendampingi adik-adik santri belajar mengaji dan menghafal Al Quran yakni Ustadzah Hilwa dan Ustadz Ilham.

Para santri pun kembali melaksanakan Tahsin, Tahfodz hingga setoran hafalan Quran dan Iqra pada Selasa (11/07/2023).

Hari itu, ruang kelas tempat mereka belajar kembali dipenuhi dengan suara merdu para santri yang tengah mengaji, memperdalam pemahaman tentang Al Quran, talaqi tahsin dan setoran hafalan ayat-ayat suci Al Quran.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kegiatan tahfidzul Quran juga dimulai dengan sesi pembelajaran Al Quran, di mana para santri belajar tentang bayak ilmu Al Quran seperti tajwid dan hukum-hukum bacaan dalam Al Quran.

Asatidz dan Asatidzah berpengalaman pun dengan penuh kesabarannya memberikan bimbingan kepada santri dalam memahami dan menerapkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, santri pun diberi waktu khusus untuk menghafal Al Quran. Mereka dengan penuh ketekunan dan dedikasi mengulang ayat demi ayat, memastikan setiap ayat yang terukir dalam ingatan mereka.

Dalam periode waktu tertentu, sesekali diadakan pelaksanaan Tasmi’ul Quran untuk mengevaluasi hafalan Al Quran para santri. Hal ini juga dilakukan dalam upaya menambahkan semangat untuk para santri dalam menghafal Al Quran.

Dengan senantiasa melibatkan para santri dalam berbagai kegiatan di Pondok, salah satunya tahfidzul Quran. Semoga tujuan dan harapan Pesantren Al Hilal untuk mencetak generasi qurani yang memiliki hubungan erat dengan Al Quran, mampu memahami dan mengamalkan setiap ajaran-ajaran yang telah dipelajari dalam Al Quran, serta menjadi pembawa kebaikan bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitarnya dapat terwujudkan. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Elis Parwati

×