Bandung – Panyileukan, Kamis (02/Muharram/1445 Hijriyah) 20 Juli 2023, setelah menunaikan ibadah puasa sunnah hari Kamis Santri Yatim Penghafal Al Quran jenjang SMA di Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan pun melaksanakan kegiatan buka puasa bersama dengan khidmat. Jejeran piring yang berisi kudapan untuk buka puasa pun berbaris dengan rapih. Para santri yang saling melempar senyum satu sama lain juga merupakan salah satu kenikmatan yang harus disyukuri.

Puasa Sunnah Senin Kamis merupakan salah satu ibadah mulia yang senantiasa istiqomah dilaksanakan oleh para Santri Yatim Penghafal Al Quran jenjang SMA Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan. Alhamdulillah wa Syukurillah, sama halnya dengan hari-hari sebelumnya menu buka puasa bersama ini adalah hasil dari sedekah para dermawan melalui program Sedekah Buka Puasa Sunnah untuk para Santri Yatim dan Penghafal Al Quran Pesantren Al Hilal. Berkat kemurahan hati para donatur sekalian, kegiatan puasa sunnah Kamis dapat ditutup dengan nikmatnya berbuka puasa bersama dengan teman-teman santri lainnya.

Buka Puasa Sunnah Santri Yatim Penghafal Quran Jenjang SMA
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Sebelum menyantap hidangan para santri pun menunaikan ibadah salat Maghrib berjamaah terlebih dahulu. Barulah setelahnya mereka langsung menyerbu makanan yang telah ditata rapi di atas meja prasmanan. Tak lupa juga sebelum menyantapnya, mereka berdoa terlebih dahulu.

Alhamdulillah, uji dan syukur tak henti-hentinya diucapkan karena para santri sangat menikmati hidangan buka puasa saat  kala itu. Minuman serta puding berwarna pink yang selalu menjadi ikon menarik yang berjejer dalam menu buka puasa kembali menemani para santri dalam kegiatan buka puasa bersama kali ini.

Semua yang dihidangkan dan disantap oleh para santri ini betul-betul murni dari dana sedekah yang terkumpul dari para donatur dalam program Sedekah Buka Puasa Sunnah untuk para Santri Yatim Penghafal Al Quran Pesantren Al Hilal.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Al Hilal sangat berterima kasih atas setiap dukungan dari para donatur yang ikut berkontribusi dalam program ini. Jazakumullah Khairan Katsiran kepada orang-orang baik yang telah bermurah hati untuk menyisihkan rezekinya dalam setiap program yang telah diselenggarakan oleh LAZISWAF Al Hilal untuk para Santri Yatim dan Penghafal Quran Pesantren Al Hilal, salah satunya dalam program Sedekah Buka Puasa Sunnah Santri Yatim dan Penghafal Al Quran, semoga setiap suapan dari mereka menjadi salah satu sebab mengalirnya pahala dan berkahnya harta para donatur sekalian.

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Pahala memberi makan kepada orang yang berpuasa adalah sebesar pahala orang berpuasa tanpa mengurangi pahala prang yang kita beri makan. Pahala itu akan tetap didapat meski hanya mampu memberi sebutir kurma atau seteguk air putih saja.

Bayangkan bagaimana jadinya apabila kita bisa memberi lebih banyak lagi dalam program Sedekah Buka Puasa Sunnah ini apalagi ini diperuntukkan bagi Anak Yatim dan Santri Penghafal Al Quran. In Syaa Allah, dalam sekali sedekah kita akan meraup beberapa keutamaan dua di antaranya adalah sedekah untuk orang yang berpuasa serta menyantuni anak yatim.

Masya Allah Tabarakallah.

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Elis Parwati

×