Alhamdulillah Sahabat Al Hilal, “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW” telah dilaksanakan Santri Yatim dan Penghafal Quran Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon. Tepatnya berlokasi di:

📍 Masjid Buana Kassiti, Perumahan Saputra Raya, Desa Galagamba, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 80 Santri, Wali Santri, dan Jamaah sekitar Masjid. Tapi, tahukah sahabat Al Hilal? antusias pelaksanaan “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW” sudah terasa sejak pukul 08.00 WIB pada Ahad (16/10/2022).

Gebyar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Al Hilal 4
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Acara pun dimulai dengan pembukaan, yaitu membaca basmalah bersama-sama, kemudian penampilan sholawat grup hadroh, dan dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan terjemahan Surat At-Taubah ayat 128-129.

Kemudian, dilanjut pembacaan kitab Barzanji oleh para santri putra dan putri Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon. Terasa lebih meriah, karena diiringi oleh grup hadroh juga loh, Sahabat!

Masya Allah Tabarakallah, para santri dan jamaah wali santri serta jamaah umum mendengarkan dengan khusu’ dan takhdim.

Setelah pembacaan kitab Barzanji, acara yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu penampilan dongeng tentang kehidupan Rasulullah SAW dan tausiyah keluarga islami ala Rasulullah dengan tema “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW Sebagai Bekal Menjadi Pribadi Yang Unggul” yang disampaikan langsung oleh Ustazah Dini Maulida, S. PD (Pendongeng Inspiratif, Founder CerMat, Cerita Manfaat).

Keseruan dan Interaktif para Santri dan Jamaah yang hadir membuat acara ini terselenggara dengan meriah, para santri aktif menjawab dan berinteraksi langsung selama acara berlangsung.

Gebyar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Al Hilal 4
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Salah satu tujuan diadakannya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini yaitu sebagai bentuk tasyakur kepada Allah SWT atas kelahiran Rasulullah SAW sebagai pembawa cahaya yang menyelamatkan manusia dari kegelapan.

Adapun tujuan lainnya yaitu untuk memuji perjuangan dan jasa Rasulullah SAW, yang telah berjuang sampai wafatnya beliau untuk ummat, yaitu kita sebagai kaum muslim. “Semoga dengan adanya peringatan Maulid Nabi ini bisa bermanfaat dan memberikan kesan yang dalam untuk seluruh jamaah yang hadir serta untuk tumpuan kita mencari ilmu agar mempertebal keimanan dan akidah terhadap ajaran tauhid dan memahami hukum-hukum dalam islam, tidak lupa menjadi jalur silaturahmi dan kekeluargaan di rumah tahfidz al hilal 4 cirebon”, ujar Teh Dita, selaku Pengurus Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon.

Antusias dan semangat para jamaah yang hadir membuat rangkaian acara berjalan dengan lancar. dilanjutkan dengan games ditengah sesi acara, para jamaah diarahkan untuk menyatukan fokus dan penyegaran otak, dilanjut dengan sesi akhir yaitu tanya jawab dan kuis untuk seluruh jamaah yang hadir, dengan hadiah-hadiah yang menarik tentunya, seperti snack, uang tunai dan hadiah-hadiah menarik lainnya.

Tidak lupa, setiap akhir kegiatan senantiasa dilaksanakan operasi semut layaknya Giat Bersih yang rutin dilaksanakan oleh para santri Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon. Wah, luar biasa menyenangkan ya kegiatan di rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon!

Youtube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×