Close

Glowing Dengan Al-Kahfi

Pesantren Al Hilal – Surat Al-Kahfi di antara sekian surat Alquran yang mempunyai keistimewaan.Di antara keutamaan tersebut yaitu pertama mereka yang membacanya akan mendapatkan cahaya di antara dua jumat dan kelak di hari kiamat.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri, dia berkata, “Nabi SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca surat al-Kahfi pada Jumat, maka Allah SWT akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jumat.” (HR Al-Hakim dan Baihaqi).

Menurut ahli hadist, cahaya uang dimaksud adalah nur ma’nawi artinya siapa yang membaca Al-Kahfi pada hari Jumat maka dia akan menjadi penghalang kepada pembacanya untuk melakukan maksiat.

Mohamad Zaki menjelaskan, Allah akan memberi petunjuk ke jalan yang benar melalui pengajaran yang terdapat pada ayat-ayatnya seperti seseorang yang diterangi dengan cahaya dalam kegelapan.

Makna dari cahaya yang kedua adalah nur hissi artinya, sebuah cahaya akan menerangi wajah yang membaca Al-Kahfi pada hari kiamat dan di dunia wajahnya juga bercahaya dan berseri-seri.

Sebagaimana dalam hadist Nabi riwayat Ibnu Umar RA, “Sesiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka cahaya akan menerangi untuknya dari bawah telapak kakinya hingga ke langit dan menerangi untuknya pada hari kiamat serta diampunkan untuknya di antara dua Jumat.“ (dinukilkan al-Mundziri dalam al-Targhib wa al-Tarhib). 

Banyak orang terutama kalangan akhwat yang menginginkan kulit yang “glowing”. Daripada sekedar glowing di dunia mengapa kita tidak mengejar “glowing dunia akhirat”?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *