Close

Inilah Berbagai Keseruan Santri Pesantren Al Hilal Sebelum Melaksanakan Doa Bersama

Pesantren Al Hilal senantiasa melaksanakan kegiatan yang rutin dilaksanakan seperti Berbuka Puasa Bersama, Membaca suarat Yasin bersama, bahkan melaksanakan doa bersama setelah melaksanakan Shalat Isya bermajaah. Lantas, kegiatan apa ya yang telah dilaksanakan oleh para santri pada Kamis (10/06/2021) kemarin? Nah, para santri di seluruh Pesantren Al Hilal melaksanakan buka puasa bersama, Membaca Yasin, bahkan Doa bersama.

Sahabat Al Hilal, puasa Sunnah yang dilaskanakan oleh para santri setiap hari Senin dan Kamis merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh para santri. Namun, ketika para santri berhalangan untuk dapat melaksanakan Puasa Sunnah tersebut, pengajar pun memaklumi. Puasa Sunnah Senin dan Kamis ini pun tidak akan berdosa apabila umat Muslim tidak melaksanakannya.
Setelah para santri melaksanakan buka puasa bersama, hal selanjutnya yang santri lakukan adalah Shalat Maghrib berjamaah yang diimami langsung oleh teman mereka dengan bergantian di setiap minggunya. Hal tersebut dilaksanakan agar solidaritas mereka sebagai santri hebat di Pesantren Al Hilal akan lebih erat dan terjalin semakin kuat. Sebelum para santri membaca surat Yasin bersama, para santri melaksanakan makan bersama. Dan Alhmadulillah para santri di Pesantren Al Hilal 1 Cililin mendapatkan rejeki berbuka puasa dari salah satu donatu Al Hilal berupa susu murni. Jazakallahu Khairan Katsiran, santri senang sekali!


Melaksanakan doa bersama pun tak hanya mencari ridho Allah SWT, tetapi para santri pun ingin mencari keutamaan-keutamaan dari melaksanakan doa bersama di malam jumat. Selain itu, para pengajar di seluruh Pesantren Al Hilal ingin memupuk rasa keyakinan terhadap Allah SWT dari doa-doa yang mereka panjatkan, selain ikhtiar yang para santri lakukan, hingga dewasa kelak. Sahabat Al Hilal, Bukankah kita tahu bahwa satu doa akan diijabah ketika kita berikhtiar tanpa Lelah?
Selain itu pula, dilaksanakannya doa bersama di seluruh Pesantren Al Hilal pun tak lain sebagai salah satu Ikhtiar agar doa yang dipanjatkan menjadi Mustajab, seperti firman yang disampaikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya dalam QS. Al Muโ€™min ayat 60, yang artinya:
“Berdoalah kalian kepada-Ku pasti doa kalian Kuijabah,” (QS Al- Mu’min: 60).

Sahabat Al Hilal, sungguh Sebelum doa itu sampai untuk orang yang didoakan, Allah lebih dulu sampaikan untuk mereka yang mendoakan. Ternyata dalam doa bersama para malaikat pun ikut mengaminkan, dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dari Thabrani, Rasulullah SAW bersabda:
“Tidaklah berkumpul suatu kaum Muslimin, lalu sebagian mereka berdoa, dan sebagian lainnya mengucapkan amin, kecuali Allah pasti mengabulkan doa mereka,” (HR Thabrani)


Informasi & Call Center
๐ŸŒ Website: www.alhilal.or.id
โ˜Ž Telpon: 022-2005079
๐Ÿ“ฑ WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *