Close

Inspiratif, Santri Ponpes Al-Hilal Panen di Kebun Sendiri

Para santri Pondok Pesantren Al-Hilal 1 ditemani dengan asatidz melakukan kegiatan panen sayuran yang ada di kebun santri. Sayuran yang ditanam yaitu sayur kankung dan sayur sosin hijau.

Kegiatan tersebut dilakukan pada Rabu, (29/01) di kebun santri samping Pondok Pesantren Al Hilal Jalan Belakang Pasar Rancapanggung Rt 01/ Rw 08 Cililin.

santri al hilal memanen sayuran

Kegiatan panen ini dilakukan setelah 1 bulan menanam. Menurut Pengurus Pesantren, Arif Rahman Hakim selain mengisi waktu luang, tanam panen juga memiliki nilai untuk melatih santri dalam tanggung jawab dan kemandirian.

“Tentu dibantu dengan para ustadz untuk mengurus dan menyiram tanaman dan sayuran yang ditanam. Setelah panen ini, kita juga akan menanam lagi sayuran.” Ujarnya.

Hasil panen tersebut nantinya akan dinikmati bersama para santri sehingga mereka merasakan manfaat langsung dari apa yang mereka tanam.

Sebuah riset yang dilakukan di Korea Selatan 2007 dalam jurnal Hort Technology memberikan bukti bahwa aktivitas berkebun dapat meningkatkan fisik anak sekaligus meningkatkan kesehatan. Selanjutnya dari berkebun ini juga bisa menjadi sebuah terapi bagi anak dengan kemampuan fisik terbatas. (Siti Fatimah/rep)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *