Assalamu’alaikum Sahabat Al Hilal! Tahun ajaran baru telah tiba dan adik-adik santri kelas 10 kini telah naik ke kelas 11 SMA. Setelah sebelumnya para santri belajar di Kampus 1 Pesantren Al Hilal Panyileukan yang berlokasi di Jl. Raya Panyileukan Ruko G No.9, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614, kini mereka melanjutkan rutinitas hariannya di Kampus 2 Pesantren Al Hilal Panyileukan yang berlokasi di Komplek Patra Asri, L-16, Cipadung Wetan, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614. Meskipun demikian, kehidupan pondok yang penuh dengan kemandirian dan kedisiplinan tetap menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas mereka sehari-hari.

Intip Rutinitas Santri Pesantren Al Hilal Panyileukan di Kampus 2 Yuk!

Dok. Tilawah bersama santri kelas 11 Pesantren Al Hilal Panyileukan Kampus 2

Para santri kelas 11 menunjukkan kemandirian mereka dalam menjalankan berbagai aktivitas di pondok. Salah satu kegiatan utama yang rutin dilakukan adalah tilawah bersama. Setiap pagi, para santri berkumpul di aula pondok untuk membaca Al-Qur’an bersama-sama. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an tetapi juga mempererat tali silaturahmi di antara para santri.

Selain tilawah bersama, kegiatan bersih-bersih pondok juga menjadi rutinitas yang tidak terlewatkan. Para santri dengan penuh semangat membersihkan area pondok, mulai dari kamar tidur, ruang belajar, hingga halaman pondok. Kegiatan ini mengajarkan mereka tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan tanggung jawab bersama dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif.

Dok. Bersih-bersih pondok  santri kelas 11 Pesantren Al Hilal Panyileukan Kampus 2

Piket masak dan makan bersama menjadi salah satu kegiatan yang paling dinantikan oleh para santri. Setiap harinya, beberapa kelompok santri bergiliran untuk memasak dan menyiapkan makanan bagi seluruh penghuni pondok. Kegiatan ini mengajarkan mereka tentang kerjasama, keterampilan memasak, dan pentingnya berbagi tugas. Setelah memasak, mereka menikmati hidangan bersama dalam suasana kebersamaan yang hangat.

Dok. Piket masak bersama santri kelas 11 Pesantren Al Hilal Panyileukan Kampus 2

Dok. Makan bersama santri kelas 11 Pesantren Al Hilal Panyileukan Kampus 2

Melalui berbagai kegiatan tersebut, Pesantren Al Hilal Panyileukan tidak hanya menekankan pada aspek akademis tetapi juga pengembangan karakter dan kemandirian para santri. Semoga dengan berbagai aktivitas yang dilakukan, para santri semakin semangat dalam menuntut ilmu dan menjalani kehidupan pondok dengan penuh tanggung jawab. Aamiin.

Dengan demikian, kehidupan di Kampus 2 Pesantren Al Hilal Panyileukan dipenuhi dengan aktivitas yang bermanfaat dan mendidik, menjadikan para santri lebih mandiri dan siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Informasi selengkapnya:

✅ Youtube:

✅ Instagram:

✅ Facebook:

Informasi & Call Center

☎ Telpon: 022 2005079

☎ WA: 0812 2220 2751

Penulis: Elis Parwati

×