Close

KAJIAN ONLINE PESANTREN AL HILAL

Wabah covid-19 saat ini sangat cepat sekali, harus diputus penyebarannya salah satunya dengan melarang atau tidak berkumpul dengan banyak orang atau menghindari dengan kerumunan, dan yang paling baik memutus mata rantai ini adalah dengan berdiam diri di rumah.

Sejalan dengan ini, masjid-masjid sudah tidak lagi melaksanakan sholat berjamaah, diimbau untuk sholat dan beribadah di rumah masing-masing, begitupun dengan kajian-kajian yang rutin dilaksanakan dengan mengumpulkan masa, saat ini dilakukan dengan vidio coference.

Cuplikan video coference
Cuplikan video coference
Cuplikan video coference

Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi yang ada, diiringi dengan kondisi covid-19 yang masih menghantui, saat ini tidak lah susah untuk mengadakan kajian-kajian secara online atau kegitan-kegiatan lain secara online, kalau istilah sekarang, “dunia ada dalam genggaman”

Seperti yang dilakukan oleh Kajian pesantren Al Hilal, yang biasanya kajian dilakukan 1 minggu 2kali secara tatap muka, karena kondisi seperti ini maka di adakanlah Kajian online. Ini karena lockdown yang di lakukan oleh pemerintah setempat dan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
“tidaklah suatu kaum duduk untuk mengingat Allah, kecuali para Malaikat (rahmah) mengelilinginya, rahmat Allah menyelimutinya dan turun kepada mereka ketenangan, serta Allah memuji mereka di hadapan makhluk yang berada di sisinya.” (HR. Muslim)

Menurut Islam berdakwah dengan cara seperti ini tidak dilarang, apakah datang langsung ke masjid-masjid atau tempat-tempat kajian secara langsung, atau melalui internet, Televisi. Sehingga saat ini tidak sedikit kita lihat banyak vidio-vidio ceramah atau kajian-kajian yang bisa kita dapat. Hal ini tentunya sangat memudahkan kita untuk mempelajari agama.

Kajian di Pesantren Al hilal ini menggunakan aplikasi zoom secara gratis, memang kelemahannya batasan waktu yang disediakan tidak terlalu panjang, namun karena kami hanya memerlukan 1 jam setiap kali kajian untuk yang bebas biaya ini sangat mencukupi.

Dengan demikian mendengar kajian seperti ini sangat baik pada kondisi wabah covid-19 ini, dan ini juga merupakan amal shalih yang tidak ada larangan dan dikelilingi oleh Malaikat dan kita akan mendapatkan pahala, sama halnya dengan mendatangi majelis-majelis ilmu secara langsung.

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *