Assalamualaikum sahabat Al Hilal! Alhamdulillah wa Syukurillah, kegiatan belajar dan mengaji santri TPA Al Hilal 1 Cililin kembali dilaksanakan pada Selasa (21/03/2023). Sebelum Ramadhan tiba, bersama Asatidz di Masjid Marwah, santri TPA Al Hilal 1 Cililin pun menutup kegiatan belajar dan mengajinya dengan Mushafah!

Dimulai dengan doa bersama, hingga membaca surat pendek Al Quran, dan Murojaah. Santri TPA Al Hilal 1 Cililin pun kembali menyetorkan hafalannya kepada Asatidz di Pondok. Selain membaca dan menghafal Al Quran, dalam kegiatan belajar mengajar para santri TPA Al Hilal 1 Cililin juga melaksanakan kegiatan mengaji dengan metode Mushafahah.

Kegiatan Belajar Hingga Mushafahah Santri Tpa Al Hilal 1 Cililin
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Tahukah Sahabat Al Hilal? Metode musyafahah merupakan suatu metode pembelajaran membaca Al Quran dengan pelaksanaan guru dan peserta didik berhadap-hadapan secara langsung, tatap muka dan individual.

Penetapan pembelajaran membaca Al Quran menggunakan metode musyafahah merupakan sebuah bentuk pendampingan bagi santri untuk meningkatkan kefasihannya dalam membaca Al Quran.

Kegiatan Belajar Hingga Mushafahah Santri Tpa Al Hilal 1 Cililin
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kefasihan para santri yang meningkat ditunjukkan dengan ketepatannya dalam membaca Al Quran. Pelafalan ayat Al Quran yang tepat harus benar dalam suara, makhroj dan sifatnya, sehingga harus melalui pembelajaran langsung dengan asatidz.

Harapannya, dengan Mushafahah ini, para santri dapat lebih fasih lagi dalam melafalkan bacaan Al Quran. insya Allah, ilmu yang mereka pelajari selama menimba ilmu di TPA Al Hilal 1 Cililin pun dapat bermanfaat dan diamalkan di lingkungan sekitar. Tak lupa, sebelum pulang para santri pun bermaaf-maafan terlebih dahulu.

Masya Allah Tabarakallah, para santri sangat bersemangat dalam melaksanakan kegiatan demi kegiatan di TPA Al Hilal 1 Cililin.

Kegiatan Belajar Hingga Mushafahah Santri Tpa Al Hilal 1 Cililin
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Diikuti oleh seluruh santri, kegiatan belajar dan mengajinya dengan Mushafah pun terlaksana secara Intensif, Insya Allah kegiatan yang senantiasa dilaksanakan ini akan mendatangkan pahala untuk para santri serta asatidz di pondok.

Semoga para santri yang mengikuti kegiatan ini dapat mengaplikasikan materi yang telah diterima dengan baik dan benar. Dan tentunya, ilmu yang mereka dapatkan pun dapat diamalkan dengan baik oleh para santri kepada masyarakat sekitar dan keluarga tercinta. Aamiin yaa Rabbal Alaamiin.

YouTube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×