Close

Kegiatan Tarbiyah Ruhiyyah Santri al-Hilal

Tarbiyah Ruhiyah yaitu membina sisi ruhaniyah manusia agar mampu menjalani hidup ini dengan mudah dan ringan. Berfungsi sebagai Ruhani yang memberikan kekuatan yang lebih untuk menjalani kehidupan dunia ini.

Jalan Tarbiyah Ruhiyah

Untuk membentuk ruhiyah ma’nawiyah melalui beberapa aktivitas, yaitu:

  • Talqin mafahim : menyampaikan ma’any dan mafahim yang benar tentang hal-hal yang membentuk keimanan dan ketakwaan
  • Taammul ma’any : mengajak untuk merenungkan nilai-nilai dan segala hal yang ada di sekeliling kita untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.
  • Ta’wid amaly : dengan membiasakan untuk melakukan ibadah-ibadah amaly.

Pembentukan ruhiyah ma’nawiyah dapat dilakukan dengan kegiatan-kegiatan ibadah seperti qiyamul lail, shaum sunnah, tilawah Qur’an, dzikir, dan lain-lain. Kita harus mampu menjadikan sarana-sarana tarbiyah ruhiyah semisal mabit, lailatul katibah, jalasah ruhiyah, dan sebagainya untuk membentuk ruhiyah ma’nawiyahnya. Jangan sampai kita terjebak dalam kebiasaan dan rutinitas.

Pada hari minggu, santri di Pesantren Yatim al-Hilal menjalani kegiatan Tarbiyah Ruhiyyah, dan yang paling menarik adalah saat santri bercerita tentang kondisi dan masalah masing2 selama sepekan ke belakang, ada yang diuji dengan sakit, ada yang bermasalah dengan teman, ada yang tenang baik-baik saja, dan lain-lain.

Kegiatan Tarbiyah Ruhiyyah Santri al-Hilal

Alhamdulillah dengan seperti ini setiap kondisi dan permasalahan santri bisa segera dicari solusinya…

Semoga pekan depan lebih baik Aamiin…

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *