Close

Keistimewaan Madu Dalam Al Quran

Keistimewaan Madu Dalam Al Quran 1

PESANTREN AL HILAL – Alhamdulillah, Jumat (05/03/2021) para santri di Pesantren al Hilal 4 Cirebon telah melaksanakan kegiatan pembelajaran. Seperti biasanya, para santri melaksanakan kegiata pembelajaran membaca dan menulis Al Quran dan Iqro. Para santri di Pesantren al Hilal 4 Cirebon yang di dominasi oleh santri usia dini pun teramat sangat bersemangat melaksanakan kegiatan pembelajaran yang disampaikan oleh ustadzah Reni. Sahabat al Hilal, Alhamdulillah sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, para santri terlebih dahulu meminum madu . hal tersebut bertujuan untuk menjaga tubuh santri tetep sehat, fit, dan imunitas tubuh santri tetap terjaga.

Sahabat al Hilal, selain rasanya yang manis dan enek, madu pun memiliki segudang manfaat dan keistimewaan yang baik bagi kesehatan loh! Dilansir dari berbagai sumber, di dalam sebuag madu terdapat kangdungan karbohidrat dan antioksidan.

Keistimewaan madu pun terdapat dalam Al Quran surat An-Nahl. Dalam surat ke-16 yang terdiri dari 128 ayat ini merupakan surat Makkiyah. Di dalam surat An-Nahl ayat 69, Allah SWT menjelaskan manfaat madu dalam pandangan Islam.

ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسْلُكِيْ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًاۗ يَخْرُجُ مِنْ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ اَلْوَانُهٗ ۖفِيْهِ شِفَاۤءٌ لِّلنَّاسِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

Sahabat al Hilal, dilansir dari berbagai sumber adapun beberapa manfaat madu dalam pandangan Islam. Diantaranya adalah:

  1. Mencegah penyakit berbahaya
  2. Meningkatkan stamina
  3. Mengatasi gangguan pencernaan
  4. Mencegah bakteri, iritasi, dan jamur dalam tubuh
  5. Mengurangi iritasi pada tenggorokan dan batuk

InsyaAllah, program rutinitas seluruh santri di Pesantren al Hilal meminum madu akan menjadi program rutin yang terus berjalan, tentu program ini dilaksanakan bertujuan untuk menjaga imunitas tubuh santri, program ini pun InsyaAllah dilaksanakan ketika para santri akan memulai kegiatan bejar.

Barangsiapa yang minum madu tiga tegukan dalam setiap bulan, dia tidak akan terkena bala’ yang besar.” (hadits Ibnu Majah)

Rekening Sedekah Madu Untuk Santri

Bank Mandiri

🏧 1320012549953

A.n Yayasan Alhilal Rancapanggung

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *