Close

Ketika Lupa Hafalan Quran

Ketika Lupa Hafalan Quran 1

PESANTREN AL HILAL – Sahabat Al Hilal, mungkin banyak diantara kita yang mudah untuk menghafal Al Quran dan mudah pula untuk lupa akan Al Quran yang telah dipelajari. Padahal Allah SWT telah menyiapkan balasan bagi mereka yang selalu menghafalkan Al Quran dan bagi mereka yang melupakan Al Quran yang telah dihafalkannya.

Diriwayatkan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dalam HR. Ahmad, Rasulullah berpesan kepada umat-Nya dan bersabda

“Seorang laki-laki yang membaca (menghafal) Alquran lalu melupakannya, ia akan menjumpai Allah pada hari ketika ia berpenyakit kusta. Ibnu Qutaibah berkata bahwa yang dimaksud berpenyakit kusta itu adalah dalam arti yang sebenarnya.” Ibnul-Arabi berkata bahwa maksudnya adalah isyarat dari hilangnya kebaikan.” Sedangkan sebagian ulama berkata bahwa ia tidak berguna,” (HR.Ahmad).

Sahabat Al Hilal, ketika saat ini Allah SWT menganugerahi kita akal untuk berfikir, menganugerahi kita sebuah kemudahan untuk membaca dan menghafal Al Quran, maka dari ituu artinya kita sebagai manusia harus bertanggung jawab penuh atas apa yang Allah SWT takdirkan kepada kita sebagai hamba-Nya. Termasuk di dalamnya untuk menjaga keistiqomahan kita dalam menghafal dan mengingat ayat-ayat suci Al Quran yang kita hafalkan. Wallahu’alam bishawab…

Nabi SAW bersabda, “Telah diperlihatkan kepadaku pahala umatku bahkan kotoran yang dikeluarkan oleh seseorang dari masjid, dan diperlihatkan kepadaku dosa-dosa umatku, namun aku tidak melihat dosa yang lebih besar daripada satu surat atau satu ayat yang telah diberikan kepada seseorang kemudian ia melupakannya,” (HR. At Tirmidzi)

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *