Close

Kisah Nabi Luth dan Kegigihannya

Kisah Nabi Luth dan Kegigihannya 1

PESANTREN AL HILAL – Selamat Pagi! Apa kabar sahabat Al Hilal? Alhamdulillah para santri di Pesantren Al Hilal 1 Cililin  telah melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Bertempat di Masjid Marwah, para santri TPA Al Hilal belajar tentang kisah nabi. Wah kisah nabi apa ya yang diceritakan? Ustadzah Risvah menceritakan kisah nabi Luth loh untuk para santri! Ustadzah Risvah menceritakan kisah Nabi Luth kepada para santri, dan ketika para santri disampaikan kisah tersebut para santri sangat semangat dan khusyu mendengarkannya.

Dikisahkan, Nabi Luth merupakan salah satu Nabi yang mendapatkan perintah Allah SWT untuk menyambangi dan menetap di sebuah daerah bernama Sadum (Sodum). Wilayah tersebut terletak di Yordania, Syam. Sahabat Al Hilal, di dalam Al Quran, kaum Sodom merupakan kaum yang melampaui batas. Mengapa demikian? Kaum Sodom merupakan kaum yang berisi orang-orang tercela yang jauh dari ajaran Allah SWT karena mereka menyukai sesama jenis dan pergaulan bebas.

Kisah Nabi Luth dan Kegigihannya 2

Diceritakan kepada para santri, Nabi Luth diberi amanah oleh Allah SWT untuk menyadarkan kaum tersebut dan mengenalkan ajaran Allah SWT, mengenalkan ajaran yang teramat baik. Tetapi, sesampainya di Sodom, Nabi Luth terkejut jarena begitu maraknya pencurian hingga penyuka sesama jenis. Naudzubillah…

Sahabat Al Hilal, Allah berfirman dalam QS. Al-Araf ayat 8, diriwayatkan jika kaum tersebut merupakan kaum pertama di dunia yang melakukan perbuatan keji yankni menyukai sesama jenis.

وَلُوْطًا اِذْ قَالَ لِقَوْمِهٖٓ اَتَأْتُوْنَ الْفَاحِشَةَ مَا سَبَقَكُمْ بِهَا مِنْ اَحَدٍ مِّنَ الْعٰلَمِيْنَ

Dan (Kami juga telah mengutus) Luth, ketika dia berkata kepada kaumnya, “Mengapa kamu melakukan perbuatan keji, yang belum pernah dilakukan oleh seorang pun sebelum kamu (di dunia ini).” (QS. Al Araf: 80)

Dan tentu, Nabi Luth menyiarkan ajaran Allah SWT secara perlahan, tanpa paksaan, dan penuh kelembutan. Nabi Luth memberitahukan kepada kaum tersebut bahwa apa yang dilaksanakan oleh kaum mereka (red: Sodom) adalah Tindakan yang salah dan sesat. Tetapi, bukannya mereka sadar, kaum Sodom berbalik memusuhi, mengancam, dan menolak dengan keras dan mengusir Nabi Luth dari Negeri Sodom.

Berbagai rintangan, telah dilalui oleh Nabi Luth tetapi Alhamdulillah dengan kesabaran-Nya dan dengan kepercayaan bahwa Allah SWT akan melindunginya, satu per satu kaum Sodom mulai sadar dan meninggalkan perbuatan keji tersebut lalu beriman kepada Allah SWT walaupun jumlah orang yang berhasil disadarkan masih sedikit dibandingkan mereka yang masih melakukan kemaksiatan.

Sahabat Al Hilal, ada banyak pembelajaran yang bisa diambil dari kisah Nabi Luth dan kaum Sodom ini. Nabi Luth sangat berani mengutarakan kebenaran meskipun banyak orang berbuat jahat padanya. Nabi Luth juga tetap sabar dan memaafkan orang-orang yang membencinya. Kedermawanan Nabi Luth tak pilih kasih bahkan terhadap kaum Sodom yang mau bertaubat dan kembali ke jalan Allah. Masya’Allah…

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *