Close

Membaca Dan Menulis Iqro

Membaca Dan Menulis Iqro 1
Membaca Dan Menulis Iqro 2

PESANTREN AL HILAL – Alhamdulillah di hari kemarin, Jumat (19/02/2021) santri Al Hilal telah melakukan kegiatan belajar, kali ini para santri di TPA Al Hilal 1 Cililin, dan santri di TPA Al Hilal 4 Cirebon sama-sama telah melaksanakan kegiatan belajar membaca dan menulis Iqro. Berbeda dengan santri di TPA Al Hilal 4 Cirebon, para santri yang berada di TPA Al Hilal 1 Cililin setelah melaksanakan kegiatan belajar membaca dan menulis iqro, melanjutkannya dengan menggambar kaligrafi arab.

Sungguh, keberhasilan suatu program, terutama pembelajaran dalam membaca Al Quran dalam proses belajar mengajar tidak lepas dari pemilihan metode dan menggunakan metode itu sendiri. Diseluruh Pesantren Al Hilal, Dalam mengajarkan Al Quran, bahkan Iqro seorang guru atau ustadz/ustadzah dapat menggunakan metode yang bermacam-macam untuk membuat para santri apalagi santri tersebut masih usia dini nyaman dan tetap bersemangat hingga proses pembelajaran tersebut selesai. Tentu, setiap metode tersebut memiliki keistimewaan masing-masing. Dan salah satu metode yang sering dilaksanakan untuk pembelajaran santri yang usia nya masih dini adalah metode pembelajaran menulis dan membaca Iqro terlebih dahulu sebelum masuk ke kitab suci Al Quran.

Membaca Dan Menulis Iqro 3

Di Seluruh TPA Al Hilal pun sebelum para santri masuk ke pembelajaran membaca Al Quran, terlebih dahulu para santri menggunakan Iqro, pembelajaran Iqro pun dimulai dari usia 5 – 11 tahun, yaitu usia dimana para santri mungkin masih awam dengan huruf hijaiyah, karena tidak semua anak usia dini sudah paham dan tahu huruf hijaiyah bukan? Sahabat Al Hilal santri yang berada di usia ini akan mulai dikenalkan dengan berbagai huruf hijaiyah, membaca huruf hijaiyah dan tanda baca dalam bahasa arab, dan bagaimana menulis huruf hijaiyah.

Sahabat Al Hilal, Seperti proses belajar mengajar di Pesantren Al Hilal yang lainnya pengajar dan pengurus mewariskan nilai-nilai norma yang baik agar anak didik dapat menjadi manusia yang berakhlak mulia, cerdas, kreatif, dan mandiri, berguna bagi bangsa dan menerapkan nilai-nilai Al Quran di masa mendatang. Karena InsyaAllah ketika para santri mempelajari iqro terlebih dahulu, maka para santri akan lebih lancar dalam membaca Al Quran, lalu pengucapan huruf hijaiyahnya benar, maka tentu makna dari ayat suci Al Quran pun tidak akan keliru. InsyaAllah.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Pesantren Al Hilal Copyright Picture

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *