Sahabat Al Hilal, pasti sudah tahu bahwa sebelum menuntut ilmu kita diwajibkan untuk mempelajari adab terlebih dahulu.

Pada hakikatnya ilmu dan adab tidak dapat dipisahkan. Seorang penuntut ilmu harus beradab ketika ia hendak menerima ilmu dari gurunya, ia juga harus beradab terhadap gurunya, beradab dengan teman-temannya, bahkan beradab terhadap buku yang sedang ia pelajari.

Mengupas Materi Pentingnya Adab Dalam Bermajelis
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Abu Zakariya An Anbari rahimahullah berkata,

“Ilmu tanpa adab seperti api tanpa kayu bakar dan adab tanpa ilmu seperti jasad tanpa ruh.” (al-Jami’ lil akhlak ar-Rawi)

Tak mau melewatkan mengupas hingga tuntas materi penting tentang pentingnya adab dalam majelis ilmu, Ummahat Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon pun turut mengikuti kajian pekanan yang kembali dilaksanakan pada Sabtu (04/02/2023).

Kegiatan diikuti oleh 52 Ummahat yang terdiri dari wali santri dan masyarakat setempat yang rutin mengikuti kajian setiap pekannya. Sama halnya seperti pekan-pekan sebelumnya kegiatan berjalan dengan lancar dan khidmat. Dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 09.30 WIB.

Dibuka dengan pembacaan Al Matsurat Syugra dan Asmaul Husna bersama-sama. Kemudian dilanjutkan dengan tausiyah seputar materi yang akan dibahas seperti yang telah disebutkan tadi yakni “Adab Dalam Bermajelis”.

Mengupas Materi Pentingnya Adab Dalam Bermajelis
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Dipimpin oleh Ustadz Topan Tamala selaku Pimpinan Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon. Ditutup dengan Tilawah Jama’i, doa dan dzikir bersama serta Ruqyah Syar’iyyah.

Dalam tausiyahnya Ustadz Topan Tamala menyampaikan bahwa seseorang yang baik adabnya dalam bermajelis akan mendapatkan keberkahan dalam majelis itu sendiri.

Alhamdulillah wa Syukurillah, betapa indahnya suasana di majelis yang In Syaa Allah dirahmati oleh Allah SWT ini. Pra pengajar, pimpinan serta Ummahat Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon berkumpul untuk menjalin silaturahmi.

Sementara Ustadzah Dita Fadillah menyampaikan dalam laporan tertulis mengenai kegiatan tersebut, “Semoga majelis pengajian ini menjadi tempat yang dirahmati oleh Allah SWT dan menjadi tempat berkumpulnya orang-orang shalih dan para jamaah mendapatkan ilmu serta keberkahan di dalamnya. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.”

Youtube: Pesantren Yatim Al Hilal

Penulis: Elis Parwati

×