Mengawali pekan dengan belajar dan menghafal Quran. Alhamdulillah nih sahabat Al Hilal, pada Senin (17/10/2022) Asatidz di Pondok Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan kembali memberikan kesempatan bagi Santri untuk memperlancar bacaan Al Qurannya. Dengan metode Talaqqi, Santri pun maju satu per satu untuk menyetorkan hafalannya.

Talaqqi ataupun Musyafahah merupakan metode belajar Al Quran yang mensyaratkan perjumpaan secara langsung antara murid dengan guru. Talaqqi juga mensyaratkan gerak mulut murid harus mengikuti gerak mulut yang dicontohkan guru.

Metode Talaqqi untuk Santri Pondok Pesantren Al Hilal 8
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Karenanya talaqqi juga disebut dengan talaqqi syafahi atau musyafahah yang secara bahasa dapat diartikan “adu lambe” atau saling mengikuti gerakan bibir. Salah satu landasan epistemologi talaqqi syafahi atau musyafahah adalah QS. Al-Qiyamah ayat 16:

لا تحرك به لسانك لتعجل به

“(Sekali-kali) jangan kau (Muhammad) gerakkan lidahmu karena hendak cepat-cepat menguasainya”.

Wahbah al Zuhaili dalam Kitabnya “al Wajiz” menjelaskan bahwa ayat ini mengajarkan pada Nabi tentang cara mengikuti wahyu di dalam membaca Al Quran atau teguran Allah SWT kepada Nabi untuk tidak membaca Al Quran sebelum Jibril selesai membacakannya terlebih dahulu hingga selesai.

Metode Talaqqi untuk Santri Pondok Pesantren Al Hilal 8
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Seperti biasa, para santri Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan mengawali kegiatan belajar mengajar dan mengaji dengan membaca doa bersama-sama agar kegiatan berjalan dengan lancar hingga akhir. Setelah itu, para santri pun menyetorkan hafalan Al Quran yang telah mereka hafalkan sebelumnya.

Masya Allah Tabarakallah, para santri pun amat hebat dalam menyetorkan hafalannya masing-masing kepada asatidz di Pondok.

Insya Allah, pahala akan senantiasa didapatkan karena lantunan ayat suci Al Quran pun senantiasa digemakan di Pondok Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan. Meskipun pesantren baru, namun semangat asatidz dan santri di Pondok Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan kian membara.

Dengan hadirnya para santri baru, menjadi motivasi bagi para asatidz untuk meningkatkan metode pembelajaran di Pondok. Seperti metode Talaqqi yang tengah dilaksanakan untuk meningkatkan skill para santri untuk membaca dan menghafal Al Quran.

Bagaimana dengan Sahabat Al Hilal? metode apa yang Sahabat pakai untuk menghafal Al Quran?

Youtube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×