Bandung, 16 Juli 2023 – Pada hari Sabtu, tanggal 15 Juli 2023, Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong menyelenggarakan kegiatan pengurusan jenazah yang dipandu oleh Ustadz M Haldin Maldini, salah satu pengajar di Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.30 WIB di Pondok Pesantren Al Hilal 9 Setiabudhi, Bandung.

Pelatihan Pengurusan Jenazah Bersama Santri Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong
Dokumentasi tahapan pengurusan mengkafani jenazah

Kegiatan pengurusan jenazah ini diikuti oleh santri Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong serta warga sekitar yang tertarik untuk belajar mengenai proses pengurusan jenazah secara Islami. Kegiatan dimulai dengan persiapan pengurusan jenazah, termasuk pemilihan dan persiapan perlengkapan yang dibutuhkan. Para peserta kemudian diajarkan cara memandikan jenazah dengan baik dan benar, serta proses mengkafani jenazah.

Ustadz M Haldin Maldini, sebagai pengajar yang berpengalaman, memberikan penjelasan teori yang mendalam mengenai pengurusan jenazah. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para santri dan warga sekitar mengenai tata cara dan tuntunan Islam dalam mengurus jenazah.

Salah satu alasan diadakannya kegiatan ini adalah karena kesadaran bahwa tidak banyak orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengurusan jenazah. Melalui kegiatan ini, Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong berharap dapat memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para santri dan warga untuk mengurus jenazah dengan benar sesuai dengan ajaran agama Islam.

Dokumentasi tahapan pengurusan mengkafani jenazah

Kegiatan pengurusan jenazah bersama Ustadz M Haldin Maldini di Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong ini sangat diminati oleh para santri dan warga yang mendapatkan manfaat dan pengetahuan baru. Mereka berharap kegiatan semacam ini dapat terus diadakan untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak orang untuk mempelajari tata cara pengurusan jenazah yang Islami.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan akan tercipta masyarakat yang lebih sadar akan pentingnya pengetahuan dan keterampilan dalam pengurusan jenazah. Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong terus berkomitmen untuk menyediakan wadah pembelajaran dan pengembangan diri bagi santri dan masyarakat sekitar, agar mereka dapat menjadi individu yang berpengetahuan dan bermanfaat bagi umat.

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Elis Parwati

×