Jum’at (04/08/2023) Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan menjadi saksi dari semangat dan dedikasi adik-adik santri kelas 10 yang terus disibukkan dengan berbagai aktivitas positif di pondok. Selain menuntut ilmu agama, adik-adik santri ini juga giat menjaga hafalan Al Quran.

Setiap harinya, sebelum fajar menyingsing, suasana pesantren sudah penuh dengan kegiatan muraja’ah (mengulang hafalan). Dengan semangat yang menggebu, adik-adik santri mulai memurojaah hafalan mereka sejak subuh bahkan saat langit masih gelap gulita. Meskipun rasa kantuk mengintai, semangat untuk mempertahankan hafalan Al Quran mereka jauh lebih kuat.

Penasaran dengan Kegiatan Santri Kelas 10 Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Setelahnya, untuk menambah dan memperkaya kosakata bahasa Arab, adik-adik santri kelas 10 Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan melaksanakan kegiatan “Ilqoul Mufradat” bersama Asatidz.

Tak hanya fokus pada hafalan dan bahasa Arab saja, adik-adik santri juga mendapatkan motivasi dan pembelajaran dari seorang Kang Asep Ramdhani, yang merupakan fasilitator dari program penguasaan hafalan Al Quran. Beliau memberikan tips dan metode cepat dalam menghafal Al Quran, memotivasi adik-adik santri untuk terus bersemangat dalam menuntut ilmu agama. Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi adik-adik santri dan menguatkan tekad mereka dalam mempelajari Al Quran dengan baik.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Tak hanya berhenti pada kegiatan belajar mengaji, adik-adik santri kelas 10 juga belajar untuk menjadi penerus yang baik dengan menyampaikan ilmu mereka kepada adik-adik santri yang berada di jenjang SD dan seterusnya. Mereka memahami pentingnya berbagi ilmu dan memberikan manfaat kepada sesama.

Kegiatan positif ini berlanjut hingga sore hari. Adik-adik santri terlihat bersemangat dan tidak lelah dalam menuntut ilmu sepanjang hari. Setelah menjalankan berbagai kegiatan bermanfaat, mereka pun beristirahat sejenak untuk makan malam bersama. Diharapkan kegiatan seperti ini tidak hanya membentuk pribadi yang religius, tetapi juga memupuk rasa kebersamaan dan semangat sosial di antara santri. Hingga kegiatan pun berakhir dalam suasana hangatnya makan malam bersama.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Semangat dan keinginan adik-adik santri untuk belajar dan menjaga hafalan Al Quran menjadi contoh inspiratif bagi seluruh penghuni pesantren. Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan berharap semangat ini akan terus terjaga dan menular ke generasi santri berikutnya. Dengan semangat seperti ini, diharapkan akan lahir generasi muda yang berakhlak mulia, berwawasan luas, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi agama, bangsa, dan negara. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.

Informasi selengkapnya:

✅ Youtube:

✅ Instagram:

✅ Facebook:

Informasi & Call Center

☎ Telpon: 022 2005079

☎ WA: 0812 2220 2751

Penulis: Elis Parwati

×