Close

Pesantren Anak Yatim Al-Hilal, Pencetak Imam Masjid

Bandung, Pondok Pesantren Al-Hilal Bandung yang beralamatkan di Jalan Belakang Pasar Rancapanggung Rt 01/ Rw 08, Cililin memiliki sebuah program Pencetak Imam Masjid. Program ini juga menjadi salah satu program unggulan yang dimiliki oleh Pesantren Anak Yatim Al-Hilal.

anak anak pesantren al hilal

Secara garis besar, Al-Hilal memiliki tiga cabang pondok yaitu yang berlokasi di Cililin, Cibiru, dan Gegerkalong. Tidak hanya santri anak yatim, ada pula santri penghafal Al-Quran. Kegiatan yang dilakukan di pesantren ini tidak dipungut biaya apapun.

Program ini ditujukan untuk santri putra yang duduk di kelas 8. Selain sebagai bentuk pelatihan dan pembelajaran, program ini juga memiliki tujuan untuk mempersiapkan para santri untuk terjun di masyarakat sebagai imam masjid.

Bukan hanya itu, menurut Pengurus Pondok Pesantren Al-Hilal, Arif Rahman Hakim dari program ini juga para santri diuji mengenai tingkat kekuatan hafalan surat Al-Quran.

“Ada banyak tujuannya seperti melatih keberanian dan percaya diri juga menjadi sarana menguji kekuatan hafalan Qur’an santri,” katanya.

anak anak pesantren al hilal

Sebelum menjadi imam shalat berjamaah di Pondok Pesantren Al-Hilal, santri yang mendapat bagian sebagai imam akan melewati proses pembinaan dan persiapan.

Agar dapat meminimalisir kesalahan saat shalat berjamaah berlangsung. Setiap harinya, para santri secara bergiliran menjadi imam dan makmum yang diikuti oleh santri putra dan putri yang berjumlah 150 orang dengan para ustadz.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *