Alhamdulillah wa Syukurillah nih sahabat Al Hilal, giat belajar santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru kembali dilaksanakan. Pada Kamis (15/06/2023), mulai dari setoran hafalan sebelumnya, belajar makharijul huruf dan surat baru, hingga belajar tahsin dan tahfidz serta tsaqofah islamiyah pun dilaksanakan di kelas Ustaz Hanapi, Ustazah Hilwa dan Ustazah Nisa.

Tahukah Sahabat Al Hilal? karena Pondok Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru sedang melakukan pembangunan masjid, kini para santri pun melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan mengajinya di pondok sementara yang berlokasi tak jauh dari pondok, yaitu di Villa Balong.

Ini Kegiatan yang Telah Dilaksanakan di Pondok Sementara Santri
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Jangan khawatir, tempatnya sangat nyaman kok! Dan seperti yang Sahabat Al Hilal ketahui, bahwa berbagai kegiatan senantiasa dilaksanakan oleh para santri Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal 1 hingga 8. Kini, para santri juga belajar makharijul huruf kembali loh, sahabat!

Dilanjutkan dengan kegiatan tahsin, Kata tahsin sendiri diambil dari kata dalam bahasa Arab حسَّن – يحسِّن – تحسيناً yang mengandung arti memperbaiki, menghiasi, membaguskan, memperindah, atau membuat lebih baik dari semula.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Sebagaimana diketahui, bahwa Al Quran tersusun dari huruf-huruf hijaiyah yang memiliki aturan dalam tiap pembacaannya. Sebab itulah diperlukan ilmu tajwid dan tahsin untuk menyempurnakan bacaan Al Quran sebagaimana yang disinggung dalam hadis sebelumnya. Jadi, tahsin adalah salah satu cara mencapai kesempurnaan pahala membaca Al Quran.

Dengan melaksanakan tahsin, para santri berarti telah berusaha untuk memperbagus bacaan Al Quran. Insya Allah, semakin hari akan semakin baik dan indah dalam membaca Al Quran! tak hanya memperindah bacaan Al Quran dengan melaksanakan tahsin, para santri Rumah Tahfidz Al Hilal 5 Pasirbiru pun mengulang kembali hafalan sebelumnya hingga jumlah hafalannya pun bertambah.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Alhamdulillah, setiap harinya para santri menambah hafalan Al Qurannya sedikit demi sedikit. Dilanjutkan dengan belajar tsaqofah islamiyah, para santri tetap semangat melaksanakan kegiatan di pondok. Tsaqafah Islamiyah adalah istilah bahasa Arab yang berarti “budaya Islam” atau “kebudayaan Islam”.

Istilah ini mengacu pada warisan budaya yang dihasilkan oleh umat Islam, seperti seni, sastra, arsitektur, dan ilmu pengetahuan, yang terbentuk di bawah pengaruh ajaran Islam.

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×