Close

Program Yasinan Perdana Ponpes Al-Hilal 3 Setelah Pindahan

Setelah melakukan pemindahan Pondok Pesantren Al-Hilal 3 akhirnya pada Kamis lalu (23/01/2020) Program Yasinan Malam Jumat kembali digaungkan. Pada yasinan perdana ini tidak hanya diikuti oleh santri, asatidz, dan pengurus saja tetapi juga diikuti oleh wali santri.

Program Yasinan Perdana Ponpes Al-Hilal 3 Setelah Pindahan 1
Acara Yasinan Perdana Ponpes Al-Hilal 3

Pengurus Pondok Pesantren, Muhtady Yaoma menyampaikan harapannya semoga dengan adanya yasinan malam jumat ini bertambah keberkahan bagi Pesantren Al-Hilal 3.

“Semoga dengan dimulainya pengajian malam jumat ini menjadi bertambahnya keberkahan bagi Pesantren Al-Hilal 3 dan bisa istiqamah tiap minggunya.”

Program Yasinan Perdana Ponpes Al-Hilal 3 Setelah Pindahan 2

Di sisi lain, Ustadz Abdul Shomad dalam harakahislamiyah.com menjelaskan alasan mengapa malam jumat identic dengan membaca surat yasin, yaitu terkandung dalam kitab Tafsir Al-Quran Il-Adzim karya Imam Ibnu Katsir.

مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُوْرًا لَهُ

“Siapa yang membaca surat Yasin pada satu malam, maka pada waktu subuhnya dia sudah diampuni oleh Allah.”

Berdasarkan hadist tersebut, ustadz Abdul Shomad memberikan kesimpulan siapa saja yang membaca surat yasin pada malam hari maka di pagi harinya diampuni dosanya, begitupun sebaliknya. Jika membaca pada siang hari maka petang hari sudah diampuni oleh Allah.

Hikmah lainnya dari membaca surat Yasin malam Jumat menurut Ust Abdul Shomad yaitu mendapatkan keutamaan hari Jumat karena ia merupakan sayyidul ayyam, memudahkan segala kesulitan dengan izin Allah, mengingat pada kematian, meningkatkan keimanan akan kemahakuasaan Allah, dan mencegah sikap brutal dan jahat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *