Assalamualaikum sahabat Al Hilal! Alhamdulillah wa Syukurillah, santri Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon semakin semangat melaksanakan rutinitas belajarnya di Pondok nih! Pada Kamis (02/03/2023) bersama Asatidz, seluruh santri pun kembali melaksanakan bersih-bersih Akbar dan menyiram tanaman hias yang telah mereka tanam.

Bukan hanya itu, sebanyak 95 makanan ringan dari orang-orang baik sekitar Pondok kembali diterima santri Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon.

Semarak Bersih-Bersih dan Merawat Tanaman Hias Santri
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Di Pondok Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal 1 hingga 8 memang memiliki tradisi masing-masing untuk memulai aktivitas di pondok. Dan kali ini, para santri di Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon melaksanakan kegiatan bersih-bersih Akbar di pondok.

Tahukah Sahabat Al Hilal? Islam merupakan agama yang sempurna, mengatur segala aspek kehidupan manusia dengan cara yang juga sempurna. Salah satu aspek  yang amat diperhatikan Islam adalah tentang kebersihan. Dari Abu Malik Al-Asy’ariy berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Kesucian adalah syarat iman.” (HR. Muslim)

Lalu dalam hadis yang lain, Rasulullah SAW juga bersadba, “Agama Islam itu adalah (agama) yang bersih/suci, maka hendaklah kamu menjaga kebersihan. Sesungguhnya tidak akan masuk surga, kecuali orang-orang yang suci.” (HR. Baihaqi). Hadis lain diriwayatkan dari Sa’ad bin Al-Musayyib dari Rasulullah SAW. Beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala. itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Mahabersih yang menyukai kebersihan, Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan, Dia Mahaindah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu. Dan jangan meniru orang-orang Yahudi.” (HR. Tirmizi).

Sebagai bentuk implementasi dari hadis tersebut, para santri Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon pun melaksanakan kegiatan ini.

Semarak Bersih-Bersih dan Merawat Tanaman Hias Santri
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Selain melaksanakan bersih-bersih Akbar, para santri Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon juga menyiram tanaman hias di pondok, loh! Sebelum pulang, para santri juga mendapatkan berkah berupa makanan ringan dari masyarakat di sekitar pondok. Jazakumullah Khairan Katsiran Para Dermawan!

Sebagai tanda peduli lingkungan serta mencintai alam sekitar, kita harus senantiasa merawat makhluk hidup yang juga merupakan ciptaan Allah SWT ya, Sahabat!

Youtube: Pesantren Yatim Al Hilal

Penulis: Aisyah

×