Alhamdulillah wa Syukurillah, “Seminar Prenting” bersama wali santri dan ummahat Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong yang telah diagendakan dari jauh-jauh haripun terlaksana dan sukses digelar pada Ahad (08/01/2023).

Pada kesempatan kali ini, kegiatan Seminar Parenting ini dimpimpin oleh Ustadz Muhtadillah Yaoma Al Mahmudi selaku pimpinan pondok Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong, dengan tema “Sinergi Orang Tua Dalam Membangun Generasi Penghafal Al Quran”.

Seminar Parenting Bersama Wali Santri dan Ummahat Al Hilal 3
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kegiatan ini juga dipandu oleh Ustadz Haldin dimana beliau juga merupakan salah satu Asatidz pengajar para santri di Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong. Dimoderatori oleh Bunda Ratih, Asatidzah kesayangan santri Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong.

Dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran yang dilantunkan langsung oleh dua santri Penghafal Al Quran Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong, yakni Ananda Vera Wilianti dan Windi Febrianti.

Seperti yang telah dibahas oleh banyak orang, bahwa menghafal Al Quran bukanlah perkara yang mudah. Orang tua tentunya perlu terlibat dalam membimbing dan memotivasi anak menghafal Al Quran di rumah. Guna memningkatkan dan memperkuat hafalan anak tersebut.

Begitu juga dengan para Ummahat dan wali santri Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong, dalam kegiatan ini Ustadz Muhtadi pun berkesempatan untuk memimpin seminar sekaligus menghimbau para wali santri agar senantiasa turut mengambil peran dalam membangun generasi penghafal Al Quran.

Karena kadangkala beberapa orang tua tidak terlalu peduli dan tidak membimbing kembali anaknya di rumah, tak jarang mereka hanya menyerahkan hafalan para santri kepada guru mereka di sekolah. Alhasil, santri pun terkadang kurang bersemangat dalam menghafal Al Quran, sehingga target hafalan yang telah ditetapkan tidak tercapai.

Seminar Parenting Bersama Wali Santri dan Ummahat Al Hilal 3
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Berbagai kiat untuk orang tua dalam memberikan motivasi bagi para santri dalam mengikuti pendidikan Tahfidz Al Quran beberapa di antaranya adalah sering-seringlah memberikan pujian, hadiah atau sesekali berikan mereka punishment jika mereka melanggar peraturan.

Sering-seringlah bercerita dengan mereka agar kita sebagai orang tua berkesemoatan untuk menyeru para santri agar cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.

Ambil juga peran dalam mempelajari beberapa komponen yang menunjang Tahfidz Al Quran. Seperti belajar Tahsin, belajar makhroj huruf, tajwid serta bacaan lainnya. Sehingga, kelak kita tak segan-segan mengkoreksi bacaan mereka jika memang terdapat bacaan yang kurang tepat.

Masya Allah Tabarakallah, melalui kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 50 wali santri dan Ummahat Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong ini semoga menjadi wasilah untuk para wali santri dan ummahat Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong yang memiliki anak seorang tahfidz, dapat mengambil peran dalam membangun generasi penghafal Al Quran. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.

Youtube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Elis Parwati

×