Merayakan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW sudah menjadi bagian dari tradisi umat muslim, yang juga tak bisa dipisahkan dari budaya Nusantara tentunya. Dan setiap daerah pun memiliki ciri khasnya masing-masing dalam memperingati hari yang istimewa tersebut. Sayyid Muhammad al-Maliki dalam kitab Syarh Maulid ad-Diba’i menyatakan, bahwa ada beberapa alasan mengapa kita harus merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Salah satu alasan mengapa kita patut untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad yaitu, merayakannya sebagai wujud rasa bahagia dan gembira atas kelahiran Nabi Muhammad saw pasti bermanfaat di dunia dan akhirat.

Serunya Sosio Drama Santri Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan
Serunya Sosio Drama Santri Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan

Bagaimana tidak? Abu Lahab, paman Nabi yang dikenal sebagai seorang yang membenci dakwah Nabi saja diringankan siksanya di neraka setiap hari Senin. Hal ini karena Abu Lahab bergembira dengan kelahiran Nabi Muhammad.

Bahkan, saking gembiranya atas kelahiran sang keponakan, Abu Lahab memerdekakan budaknya yang bernama Tsuwaib.

Tahukah Sahabat Al Hilal? Merayakan hari istimewa tersebut juga telah dilaksanakan oleh para santri Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal 1 hingga 8, lho!

Alhamdulillah wa Syukurillah untuk menunjukkan kegembiraan bak Abu Lahab atas kelahiran Nabi Muhammad SAW, Santri Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan telah melaksanakan kegiatan Sosio Drama di Pondok lho! Bertempat di:

📍 Pesantren Al Hilal 7, Komplek Patra Asri No L-16 RT 01/ RW 02 Kelurahan Cipadung Wetan, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung.

Serunya Sosio Drama Santri Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan
Serunya Sosio Drama Santri Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan

Dilaksanakan pada Sabtu (09/10/2022) pukul 13.00 WIB oleh Santri Al Quran kelas A dan B, juga Santri Iqra kelas B dan C. Drama pun telah disajikan dengan tema sebagai berikut:

▶️ Perang Khandak, ditampilkan oleh Kelas Al Quran A
▶️ Perang Uhud, ditampilkan oleh Kelas Al Quran B dan Iqra A
▶️ Drama ketika Rasulullah SAW Wafat, ditampilkan oleh Kelas Iqra B dan C.

Satu per satu penampilan pun disajikan dengan luar biasa hebatnya. Hingga petang pun tiba, para santri pun menutup kegiatan dengan berfoto dan membaca doa bersama-sama di Pondok.

Insya Allah, dengan adanya kegiatan ini, pengetahuan serta kreativitas para santri pun dapat bertambah. “Dengan tujuan diadakan kegiatan ini tidak lain untuk menambah pengetahuan santri sehingga santri bisa memvisualisasikan seakan-akan mereka berada di dalam momen-momen bersejarah dalam Islam”, ujar Ustaz Imam selaku pengurus Pesantren Al Hilal 7 Cipadung Wetan.

Youtube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×