Berbagai rangkaian kegiatan belajar dan mengaji santri Pesantren Al Hilal 2 Cipadung kembali dilaksanakan adik-adik kita pada Rabu (05/07/2023).

Bersama Asatidz di Pondok, mulai dari belajar menggambar dan mewarnai karakter, belajar doa sehari-hari, setoran hafalan Quran, hingga belajar tsaqofah islamiyah dan makharijul huruf pun telah dilaksanakan adik-adik kita di kelas pembelajaran siang, sore dan malam.

Siang Hingga Malam! Suasana Tiga Sesi Pembelajaran Santri
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Tahukah sahabat Al Hilal? setoran hafalan dan belajar doa sehari-hari sudah menjadi kegiatan rutin yang senantiasa dilaksanakan oleh para santri Pondok Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal 1 hingga 8. Begitu juga dengan para santri Pesantren Al Hilal 2 Cipadung.

Selain itu, belahar tsaqofah islamiyah dan makharijul huruf pun tak kalah pentingnya! tsaqofah Islamiyah adalah pengetahuan yang aqidah Islamiyah menjadi sebab pembahasan, pengajaran dan penyebarannya. Dengan memahami tsaqafah islamiyah berarti seluruh konsep pemikiran dan pandangan hidup berdasarkan ajaran atau aqidah Islam tentang alam semesta, manusia dan kehidupan.

Sedangkan Makhorijul huruf adalah salah satu materi yang penting dipelajari ketika anda akan membaca kitab suci Al Quran. pembelajaran ini juga sangat erat berkaitan dengan ilmu tajwid. Seperti yang diketahui, makhraj sendiri memiliki arti yaitu tempat keluarnya suatu huruf. dapat dipahami bahwa kita harus melafalkan bacaan ayat Al Quran secara baik agar dapat membedakan bunyi huruf satu dengan lainnya.

Siang Hingga Malam! Suasana Tiga Sesi Pembelajaran Santri
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Selain itu, Kegiatan menggambar telah dilaksanakan oleh para Penghafal Quran yang dipandu langsung oleh Asatidz mereka. Kegiatan mewarnai di Pondok yang dilaksanakan satu kali dalam sepekan pun Insya Allah memberikan warna yang lebih variatif untuk melatih kreatifitas para Penghafal Quran Pesantren Al Hilal 2 Cipadung.

Seperti yang telah Sahabat Al Hilal ketahui, bahwa tak hanya kegiatan keagamaan saja yang mereka laksanakan di Pondok Pesantren Al Hilal 2 Cipadung. Namun, kegiatan untuk mengasah kreativitas pun tetap dilaksanakan. Tujuannya, yaitu untuk memberikan semangat yang lebih tinggi lagi untuk belajar di Pondok.

Bermain sambil belajar memang cocok menjadi metode pembelajaran bagi anak-anak usia dini. Dan itulah yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Al Hilal 2 Cipadung.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Alhamdulillah, para santri dan asatidz sangat bahagia untuk melaksanakan kegiatan yang diselenggarakan untuk mengasah kreativitas mereka semua. Apalagi, para santri penghafal quran senantiasa melaksanakan kegiatan keagamaan yang cukup menguras energi.

Maka dari itu, kegiatan menggambar pun dilaksanakan untuk mengasah sekaligus menghibur para santri di tengah kesibukan yang mereka lakukan di Pondok. Insya Allah, para santri akan sangat terhibur dengan adanya kegiatan ini.

Para santri beserta asatidz, mereka sangat senang untuk melaksanakan berbagai kegiatan di Pondok Pesantren Al Hilal 2 Cipadung. Dan insya Allah, kegiatan menggambar ini akan senantiasa dilaksanakan rutin setiap hari rabu di Pondok.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Masya Allah tabarakallah, terus semangat untuk menggali lebih banyak ilmu-ilmu Agama di Pondok ya Adik-Adik Santri! Mari kita do’akan bersama-sama agar para santri dapat senantiasa bersemangat untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di Pesantren Al Hilal 2 Cipadung.

Baik itu mulai dari belajar mengajar seperti biasa hingga mengaji dan menggambar. Insya Allah, ilmu yang mereka dapatkan akan sangat bermanfaat baik itu untuk diri mereka sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar.

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×