Assalamualaikum sahabat Al Hilal! Kegiatan belajar dan mengaji santri TPA Al Hilal 1 Cililin kembali dilaksanakan adik-adik kita di Pondok hingga Masjid Marwah. Pada Kamis (25/05/2023), kegiatan menghafal Quran, setoran hafalan Quran, hingga membaca Iqra pun telah dilaksanakan adik-adik kita bersama Asatidz TPA Al Hilal 1 Cililin. Masya Allah tabarakallah.

Para santri TPA Al Hilal 1 Cililin pun amat bersemangat untuk melaksanakan berbagai kegiatannya di pondok. Setelah sebelumnya para santri melaksanakan halal bi halal pada hari Kamis kemarin, para santri pun kembali melaksanakan rutinitasnya! Mulai dari belajar mengajar seperti biasa hingga solat berjamaah.

Suasana Asri Kegiatan Belajar dan Mengaji Santri TPA Al Hilal 1
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Untuk meningkatkan kualitas hafalan, para santri TPA Al Hilal 1 Cililin pun melaksanakan kegiatan murojaah. Murojaah adalah menjaga hafalan Al Quran dengan terus-menerus mengulangnya guna meraih mutqin (kuat) dalam bacaan, hafalan, pemahaman, dan pengamalan yang menjadi impian seluruh para hafizh Quran.

Selain melaksanakan kegiatan belajar mengajar serta murojaah, para santri pun melaksanakan kegiatan membaca iqra dan solat ashar berjamaah di pondok.

Suasana Asri Kegiatan Belajar dan Mengaji Santri TPA Al Hilal 1
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Tahukah Sahabat Al Hilal? Solat berjamaah¬†dapat melampaui solat sendirian dengan (mendapatkan) 27 derajat.” (HR. Bukhari). Allah akan memberi pahala 27 derajat bagi orang yang melaksanakan solat berjamaah.

Hal ini menunjukkan bahwa barang siapa yang mencari dan melaksanakan solat berjamaah, pahala mereka atas salatnya akan berlipat ganda.

Suasana Asri Kegiatan Belajar dan Mengaji Santri TPA Al Hilal 1
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Setelah melaksanakan berbagai kegiatan di pondok, para santri pun melaksanakan Doa dan Dzikir Bersama Santri Yatim dan Penghafal Al Quran se-Jawa Barat secara virtual. Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang senantiasa dilaksanakan sekali dalam seminggu setiap hari Kamis.

Diawali dengan sambutan dari Pimpinan Pesantren Al Hilal, Bapak Hendra Setiawan dan tilawah Quran Surat Al Baqarah ayat 216 oleh santri Pesantren Al Hilal 1 Cililin, kegiatan tersebut pun dilanjutkan dengan penyampaian materi “Rencana Allah SWT Lebih Baik” oleh Ustaz Agus Al Muhajir yang ditutup dengan Asmaul Husna juga Doa dan Dzikir bersama.

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×