Pada Jum’at (28/07/2023) – Suasana kebahagiaan dan keceriaan menyelimuti Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong saat 174 santri dengan antusias melaksanakan kegiatan tahunan yang ditunggu-tunggu, yaitu tukar kado di hari Asyura. Bertepatan dengan 10 Muharram 1445 H, momen spesial ini diisi dengan tukar-menukar kado di antara santri, yang berhasil menciptakan kehangatan dan kebersamaan di pondok pesantren.

Semangat tukar kado dimulai sejak sore hari sekitar pukul 16.00 WIB, ketika adik-adik santri datang membawa kado yang telah mereka siapkan dengan penuh perhatian. Setiap santri dianjurkan untuk bersedekah dengan membawa sebuah kado yang akan ditukarkan dengan teman-teman lainnya.

Suasana Hangat dan Ceria Santri Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kegiatan ini bukan hanya sekadar merayakan hari ke-10 Muharram, tetapi juga merupakan pelatihan bagi para santri untuk berbagi kebahagiaan dan kepedulian serta menyambung tali silah ukhuwah antar para santri.

Ustadz Muhtadi selaku Pimpinan Pondok Pesantren Al Hilal 3 Ggerkalong, mengungkapkan arti penting dari kegiatan tukar kado ini. “Tukar kado di hari Asyura ini melatih santri untuk dapat berbagi.

Bukan hanya berbagi kebahagiaan tapi juga berbagi manfaat karena ini mengajarkan mereka arti hidup sesungguhnya. Hidup bukan sekedar hidup, tapi hidup untuk memberi kebermanfaatan,” ujarnya.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Dalam suasana penuh keceriaan, para santri dengan antusias berkumpul di aula pesantren yang biasa mereka gunakan ketika belajar, untuk melakukan acara tukar kado. S

atu per satu, mereka mengambil kupon yang telah dipersiapkan oleh Asatidz dan Asatidzh untuk menukarkan kado yang mereka bawa dengan hadiah dari santri lainnya. Tawa riang pun tak henti menggema, semakin memperkuat ikatan persaudaraan di antara para santri.

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Alhamdulillaah, betapa senangnya ketika melihat para santri begitu bahagia. Semoga kegiatan tukar kado ini membawa kehangatan dan kegembiraan dalam kehidupan mereka di Pondok.

Kegiatan tukar kado di Pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong berhasil menciptakan momen berharga yang akan dikenang oleh para santri. Lebih dari sekadar benda, hadiah-hadiah tersebut mengandung berbagai arti dan makna di antara mereka. S

emoga semangat kebersamaan dan keceriaan ini tetap terjaga dalam setiap langkah perjalanan para santri menuju masa depan yang cerah. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin…

Youtube: Laziswaf Al Hilal & Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Elis Parwati

×