Assalamualaikum sahabat Al Hilal! Alhamdulillah wa Syukurillah, kegiatan Santri Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon kembali dilaksanakan pada Selasa (10/01/2023). Memulai kegiatan belajarnya dengan giat kebersihan yang dipandu langsung oleh Asatidz, Santri pun kembali melaksanakan Tahsin dan Tahfidz dengan penuh semangat di Pondok.

Tak hanya kegiatan belajar mengajar, menjadi salah satu budaya yang dilaksanakan oleh para Penghafal Quran di Pondok, para santri juga melaksanakan kegiatan kerja bakti di Pondok. Untuk menanamkan rasa tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan sekitar Pondok, dan juga untuk memberikan pembelajaran tentang pentingnya kerja sama tim, para santri sangat antusias dalam kegiatan tersebut.

Tahsin dan Tahfidz Quran ala Santri Al Hilal 4 Cirebon
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Mulai dari menyapu halaman, merapikan sandal yang berserakan, hingga membersihkan sampah yang ada di sekitar lingkungan Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon.

Masya Allah Tabarakallah, para santri sangat bersemangat dalam melaksanakan kegiatan apapun yang ada di Rumah tahfidz Al Hilal 4 Cirebon. Sungguh luar biasa ya, para adik-adik santri ini! Meskipun kegiatan yang ada di Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon cukup padat, akan tetapi para santri sangat antusias dan tak kenal lelah.

Demi masa depan yang lebih cerah, para santri pantang menyerah untuk senantiasa menimba ilmu di Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon. Karena di tempat ini, para santri tak hanya memiliki masa depan cerah di dunia saja, namun juga di akhirat.

Namun, ada yang berbeda dari kegiatan belajar Santri kali ini, Alhamdulillah wa syukurillah selain berbagai materi disampaikan oleh Asatidz, dalam kegiatan belajar Santri Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon pun dilanjutkan dengan Tahsin, guna memperbaiki bacaan Al Quran dan Tahfidz menghafal Quran santri Penghafal Quran Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon.

Tahsin dan Tahfidz Quran ala Santri Al Hilal 4 Cirebon
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Sahabat Al Hilal, masih ingat perbedaan antara tahfidz dan tahsin? Tahfidz berasal dari bahasa arab dengan akar kata ha fa zha حفظ yang mempunyai arti menghafal, menjaga, memelihara. Tahfizhul Quran memiiki makna proses penghafaan al quran. Dan orang yang menghafal al quran disebut dengan hafidz.

Sedangkan Tahsin adalah kata Arab yang berarti memperbaiki, meningkatkan, atau memperkaya. Hal ini juga umumnya digunakan sebagai nama yang diberikan untuk anak-anak laki-laki di dunia Arab dan Islam.

Masya Allah tabarakallah, selain belajar mengajar serta mengaji, para santri juga melaksanakan hafalan Al Quran di Pondok. Semangat para santri Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon pun kian membara di tengah kesibukan yang mereka rasakan.

Masya Allah Tabarakallah… Semoga kegiatan positif senantiasa dilaksanakan dengan istiqomah di Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon. Semangat ya, adik-adik santri!

Youtube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×