Assalamu’alaikum, Sahabat Al Hilal! Di balik kesibukan kegiatan belajar mengajar harian, para santri yatim dan penghafal Al-Quran kelas 10 di Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan tak hanya berfokus pada pelajaran umum saja. Mereka juga terlibat dalam serangkaian kegiatan menarik yang memberikan warna dan nuansa berbeda di pondok pesantren Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan.

Selain KBM Harian, Kira-Kira Ada Kegiatan Menarik Apa Lagi di Pondok Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan
Dokumentasi Halaqah Subuh
  1. Halaqah Subuh: Diawali dengan semangat pagi, santri Al Hilal 8 Panyileukan mengikuti Halaqah Subuh. Kegiatan ini menjadi waktu yang sangat berharga bagi mereka untuk meningkatkan pemahaman agama, berbagi pengetahuan, dan saling memotivasi dalam menjalani ibadah sehari-hari, terutama dalam membaca dan menghafal Al-Quran.
  2. Mahkamah Bahasa: Para santri juga aktif dalam Mahkamah Bahasa, sebuah kegiatan yang mendalam ke dalam ilmu bahasa. Mereka berdiskusi, berdebat, dan merancang berbagai program bahasa yang kreatif, menciptakan lingkungan yang memfasilitasi peningkatan kemampuan berbicara dan menulis dalam berbagai bahasa. Terkadang Mahkamah Bahasa juga diberlakukan kepada santri yang melanggar peraturan (berbicara bahasa selain bahasa Inggris atau Arab). Karena mengingat di pondok mereka melakukan pembiasaan menggunakan bahasa Inggris dan Arab selama jam pelajaran berlangsung. Jika yang melanggar, maka akan dikenakan sanksi.
  3. Muhadhoroh 3 Bahasa: Kegiatan Muhadhoroh 3 Bahasa adalah wadah bagi santri untuk memperdalam pemahaman dalam bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia. Ini memungkinkan mereka untuk memahami berbagai konteks dan budaya, serta mengembangkan kemampuan berbicara di depan umum menggunakan bahasa Asing.
  4. Mengajar Santri Non-Mukim: Dalam semangat berbagi ilmu, para santri di Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan juga terlibat dalam kegiatan pengajaran kepada santri non-mukim. Mereka membagikan pengetahuan dan membantu rekan-rekan yang lebih muda dalam proses pembelajaran mereka di sore hari.
Dokumentasi Mahkamah Bahasa dan Muhadoroh 3 Bahasa

Semua kegiatan ini memberikan nuansa berbeda di lingkungan pondok. Mereka tidak hanya belajar pelajaran formal, tetapi juga memperdalam pemahaman agama, meningkatkan kemampuan berbahasa, dan memberikan kontribusi positif dalam pendidikan rekan-rekan mereka.

Dokumentasi Mengajar Santri Non Mukim

Jadi, tidak hanya kegiatan belajar mengajar harian yang memenuhi hari-hari santri di Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan, tapi juga serangkaian aktivitas yang menarik dan bermanfaat. Semoga semangat belajar dan berbagi ini terus tumbuh, dan semoga para santri selalu diberkahi dalam setiap langkah mereka. Masya Allah Tabarakallah. Semangat terus adik-adik santri!

Informasi selengkapnya:

✅ Youtube:

✅ Instagram:

✅ Facebook:

Informasi & Call Center

☎ Telpon: 022 2005079

☎ WA: 0812 2220 2751

Penulis: Elis Parwati

×