Jum’at, 22 September 2023 siang menjelang sore hari, adik-adik santri kelas 10 Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan menghidupkan suasana dengan kegiatan istimewa yang mereka sebut “Pojok Buku”. Kegiatan ini bertujuan untuk membawa pemahaman yang lebih dalam dari bahan bacaan dan untuk merangsang diskusi pemikiran yang kritis.

Dalam Pojok Buku, setiap santri membaca buku dengan penuh konsentrasi. Mereka tidak hanya sekadar membaca, tetapi juga mencatat poin-poin penting yang mereka temukan dan mencatat pertanyaan yang timbul selama membaca. Setelah selesai membaca, mereka berkumpul untuk berbagi pemahaman mereka.

Menggali Makna dari Setiap Halaman yang Dibaca Dalam ‘Pojok Buku’ Bersama Adik-Adik Santri, Yuk!
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Jenis buku yang dibaca oleh santri pun beragam, dimulai dari kitab, buku motivasi, buku kisah-kisah tokoh islami dan buku Islam lainnya.

Salah satu santri, Yonif Nur Alam, berkata, “Pojok Buku mengajarkan kami untuk tidak hanya melewati halaman-halaman buku, tetapi juga benar-benar menggali makna di dalamnya. Kami memahami bahwa setiap buku memiliki pesan dan pelajaran yang berharga, dan melalui Pojok Buku, kami bisa saling belajar dari pengalaman membaca kami.”

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi adik-adik santri untuk berbicara tentang pemikiran mereka dan berbagi pendapat. Kegiatan ini tidak hanya membantu mereka memahami buku yang mereka baca dengan lebih baik, tetapi juga memupuk keterampilan berbicara dan mendengar dalam perkembangan intelektual dan sosial.

Ustadz Ade Yusuf, salah satu pengajar di pondok Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan, menyatakan, “Pojok Buku adalah salah satu cara bagi santri untuk berpikir kritis, menggali lebih dalam, dan memahami makna di balik kata-kata. Ini juga mengajarkan mereka untuk bertanya dan mencari jawaban, yang merupakan keterampilan yang sangat berharga dalam pengembangan intelektual.”

Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Kegiatan Pojok Buku di Pesantren Al Hilal 8 Panyileukan adalah bukti nyata bagaimana membaca buku dapat menjadi pengalaman yang lebih kaya akan manfaat ketika diikuti oleh kemauan dan pemahaman yang mendalam. Pesantren Al Hilal terus berkomitmen untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan santrinya melalui inisiatif-inisiatif kreatif seperti Pojok Buku ini. Masya Allah Tabarakallah!

Informasi selengkapnya:

✅ Youtube:

✅ Instagram:

✅ Facebook:

Informasi & Call Center

☎ Telpon: 022 2005079

☎ WA: 0812 2220 2751

Penulis: Elis Parwati

×