Close

Belajar Adab Santri dari Ngaji Kitab Kuning

Santri yatim dan tahfidz Ponpes Al Hilal memiliki sebuah program pengajian kitab kuning. Salah satunya yaitu kitab Ta’lim Muta’alim.

Belajar Adab Santri dari Ngaji Kitab Kuning 1

Kegiatan pengajian kitab kuning ini selalu dilakukan setiap Senin sore di bimbing oleh Ustadz Arif Rahman Hakim, para santri dapat memahami dan belajar adab santri dari kitab Ta’lim Muta’alim.

Menurut Syaikh Burhanuddin dalam kitab Ta’lim Muta’alim menghormati guru ada beberapa caranya yaitu jangan berjalan di depannya, duduk di tempatnya, memulai mengajak bicara kecuali atas perkenan darinya, berbicara macam-macam darinya, dan menanyakan hal-hal yang membosankannya. Cukuplah dengan sabra menanti di luar hingga ia sendiri yang keluar dari rumah.

Selanjutnya, inti dari kitab tersebut menjelaskan bahwa seorang santri kepada guru diajarkan untuk melakukan hal-hal yang membuatnya rela, menjauhkan amarahnya dan menuruti perintah yang tidak bertentangan dengan agama.

 “Ulama-ulama terdahulu selalu memberikan perhatian besar jika berkaitan dengan menghormati guru. Apalagi di pesantren dikenal dengan adanya keberkahan yaitu bertambahnya kebaikan dalam hidup.” Ujar Ustadz Arif Rahman. (Siti Fatimah/rep)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *