Close

Belajar Iqro Hingga Setoran Hafalan Al Quran, Inilah Perjuangan Santri Anak-Anak di Pesantren Al Hilal

Rutinitas yang dilaksanakan oleh para santri ketika melaksanakan Kegiatan Belajar Mengaji (KBM) adalah menulis, menghafalkan, dan menyetorkan hafalannya kepada Pengajar dan teman-teman santrinya. Lantas sudah berapa hafalan yang telah disetorkan para santri kepada pengajar ya? Alhamdulillah para santri di Pesantren Al Hilal 3 Sarikaso telah menyetorkan lebih dari sepuluh surat dari Juz ke-30 di Al Quran, sedangkan para santri di Pesantren Al Hilal 4 Cirebon yang masih anak-anak terus berlatih huruf hijaiyah dengan menggunakan Metode Iqro.

Berbeda dengan pembelajaran yang dilaksanakan yang dilaksanakan di Pesantren Al Hilal 3 Sarikaso, Ustadzah Reni selaku pengajar di Pesantren Al Hilal 4 Cirebon lebih banyak memfokuskan para santri untuk belajar mengingat huruf hijaiyah terlebih dahulu dengan belajar Iqro sebelum masuk ke tahap pembelajaran yang lebih tinggi, yaitu belajar Al Quran.

Sahabat Al Hilal, tak hanya santri yang usianya masih anak-anak saja yang diperhatikan oleh Ustadzah Reni ketika melaksanakan Kegiatan Belajar Mengaji (KBM), tentu para santri yang sudah lancar membaca Al Quran pun diberikan bimbingan langsung agar para santri semakin mantap dalam membaca dan menulis Al Quran. Hebatnya, para santri yang telah memasuki kegiatan Al Quran pun usia nya masih sangat muda sekali loh!

Salah satu metode pembelajaran Iqro yang dilaksanakan oleh Ustadzah Reni dalam memberikan bimbingan kepada anak yang usianya masih anak-anak ini yaitu membimbing satu per satu santri untuk mengulang Kembali apa yang telah diucapkan oleh Ustadzah Reni ucapkan. Dan Alhamdulillah hingga hari kemarin, Rabu (09/06/2021) progres para santri dalam belajar Iqro lebih baik dan cepat. Para santri yang pada awal masuk masih dibimbing di Iqro 1, lambat laun telah memasuki Iqro 4 bahkan ada yang telah memasuki Iqro 6 loh!

Kembali kepada hafalan yang telah disetorkan oleh para santri di Pesantren Al Hilal 3 Sarikaso, para santri hebat ini pun menulis dan menyetorkan hafalannya kepada ustadz Andri sebagai salah satu pengajar di Pesantren Al Hilal 3 Sarikasi. Menurut Ustadz Andri hafalan yang dilaksanakan oleh para santri akan selalu mereka ingat, ketika halafan mereka diaplikasikan Kembali dalam sebuah tulisan. InsyaAllah…

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *