Close

Mulai Dari Praktek Wudhu Hingga Menghapal Doa Qunut, Inilah Kegiatan Santri TPA Al Hilal Cililin

Shalat adalah salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan. Sahabat Al Hilal sebagai umat Muslim, tentu kita senantiasa melaksanakan kewajiban Sholat lima waktu bukan? Nah, hal tersebut pun sama halnya senantiasa dilaksanakan oleh para santri Al Hilal, salah satunya di TPA Al Hilal Cililin.

Alhamdulillah, pada Selasa (08/06/2021) para santri di TPA Al Hilal Cililin telah melaksanakan salah satu pembelajaran tentang Shalat. Lantas kegiatan menarik apa ya yang telah dilaksanakan oleh para santri hebat ini? Para santri hebat ini telah melaksanakan pembelajaran Praktek Bacaan Wudhu, Menulis, serta Menghapal bacaan Sholat dan Qunut bersama Ustadzah Lutfi.

Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh para santri hebat ini tak lain bertujuan untuk membangun rasa keyakinan atas kewajiban yang harus dilaksanakan oleh para santri di TPA Al Hilal Cililin ketika Akil Baligh. Bagaimana tidak, sebelum melaksanakan kewajiban Sholat, setiap Muslim wajib untuk melaksanakan Wudhu bukan? Nah lantas apa tujuan dengan dilaksanakan kegiatan belajar menulis dan menghapal bacaan sholat serta qunut?

Sahabat Al Hilal, seperti yang kita ketahui, syarat sah nya diterimanya Shalat oleh Allah SWT adalah berwudhu, membaca bacaan serta gerakan dalam sholat yang baik dan benar, bukan? Nah, sedangkan kegiatan menghapal bacaan qunut yang dilaksanakan oleh para santri adalah salah satu bacaan sholat yang dilakukan ketika melaksanakan Shalat Subuh dari lima waktu Shalat, walaupun tidak semua umat Muslim membaca Qunut ketika melaksanakan Shalat Subuh, tak ada salahnya para santri menghafal bacaan tersebut bukan?

Tahukah sahabat Al Hilal, bahwa bacaan doa Qunut yang dilaksanakan pada rakaat kedua setelah iktidal dan sebelum sujud ini merupakan doa yang senantiasa dibaca oleh Rasulullah SAW hingga akhir hayatnya?

Sahabat Al Hilal, Inilah bacaan doa Qunut subuh yang ditulis dan dihapalkan oleh para santri TPA Al Hilal Cililin:

للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ

مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

InsyaAllah, dengan dilaksanakannya kegiatan pembelajaran tersebut, maka diharapkan untuk para santri di TPA Al Hilal Cililin mengingat kewajibannya sebagai seorang Muslim, serta senantiasa mengaplikasikan bacaan sholat dan wudhunya mulai dari Akil Baligh hingga mereka dewasa kelak. Aamiin Yaa Rabbal Alamiin.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *