Close

Berdzikir Menjadi Salah Satu Kegiatan Yang Dilaksanakan Santri Sebelum Belajar

PESANTREN AL HILAL – Apa yang dilaksanakan sahabat Al Hilal sebelum melaksanakan kegiatan? Nah salah satu kegiatan yang selalu dilaksanakan oleh para santri di Pesantren Al Hilal adalah berdzikir dan berdoa Bersama sebelum melaksanakan pembelajaran atau Kegiatan belajar mengaji. Seperti yang dilaksanakan oleh para santri di Pesantren Al Hilal 1 Cililin, para santri melaksanakan dzikir pagi petang (Al Matsurat).

Al Matsurat merupakan berbagai kumpulan kumpulan doa-doa pagi dan petang susuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW. Tahukah sahabat Al Hilal, bahwa berdzikir merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam setiap kesempatan? Namun, berdzikir pada waktu pagi dan petang merupakan amalan yang waktu dan anjurannya disebutkan secara jelas dalam Al Quran.

Anjuran ini pun secara langsung Allah SWT sampaikan dalam kitab suci Al Quran. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Ahzab ayat 41-42,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا , وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلً

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang,” (QS. Al-Ahzab: 41-42).

Sahabat Al Hilal, selain disukai dan dianjurkan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya yang senantiasa berdzikir kepada-Nya, berdzikir pada waktu pagi dan petang hari pun InsyaAllah akan memberikan manfaat yang baik baik pembacanya loh! Maka dari itu, para santri di Pesantren Al Hilal senantiasa menyempatkan waktu yang mereka miliki untuk berdzikir sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan kegiatan belajar mengaji.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa manfaat dari dzikir pagi dan petang bagi kita:

  1. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT
  2. Mendapatkan Perlindungan Allah SWT
  3. Dinantikan oleh Surga
  4. Dipenuhi Rasa Syukur Atas Nikmat yang Diberikan Allah SWT
  5. Diberikan Ketenangan Jiwa

Berdzikir, selain memiliki keutamaan serta manfaat yang Allah SWT berikan bagi setiap hamba-Nya yang senantiasa melaksanakannya. Sahabat Al Hilal, bukankah berdzikir merupakan salah satu cara agar selalu mengingat-Nya? Berdzikir pun merupakan obat bagi setiap insan yang senantiasa melaksanakannya. Dan InsyaAllah melafalkan dzikir pun akan membuat hati dan jiwa terasa lebih tenang serta siap untuk menghadapi berbagai ujian yang Allah SWT berikan.

Sudah berdzikir hari ini?

“…Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *