Close

Selain Setan, Inilah Musuh Yang Harus Dilawan Manusia

PESANTREN AL HILAL – Manusia diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Ketika beribadah pun pasti kita sebagai manusia terkadang diberikan rasa malas atau hambatan yang menggoda, tentu hal tersebut dilakukan oleh setan agar manusia tidak melakukan ibadahnya dengan sempurna. Seperti yang yang kita ketahui, dalam kehidupannya manusia memiliki musuh. Siapa mereka?

Dilansir dari sumber, Al Faqih memberitahukan bahwa manusia di dunia ini mempunyai empat musuh yang masing-masing membutuhkan perjuangan untuk mengalahkannya, sahabat Al Hilal tahu apa keempat hal itu?

  1. Setan
  2. Hawa nafsunya sendiri

Tahukah sahabat Al Hilal, bahwa hawa nafsu adalah musuh yang paling jahat bagi manusia?

  • Dunia

Dunia adalah tipu daya, Allah SWT pun telah memberikan penjelasannya dalam firman-Nya di QS. Ali Imran ayat 185,

“Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya,” (QS. Ali Imran: 185).

  • Setan Manusia

Hati-hatilah terhadap setan manusia karena ia lebih berbahaya daripada setan jin, karena setan jin itu menggoda dengan bisikan, sedangkan setan manusia yaitu teman yang jahat, menggoda dengan langsung bertatap muka dan terang-terangan, di mana ia selalu berusaha untuk membujuk Anda.

Sahabat Al Hilal, tugas kita sebagai manusia adalah berhati-hati. Mengapa demikian? Tugas kita sebagai makhluk yang berakal maka harus lebih cermat dalam menghadapi musuh-musuh diatas. Tentu karena kita harus bertindak dengan baik agar tidak salah dalam melangkah.

InsyaAllah dengan kehati-hatian kita dalam bertindak, karena segala jebakan yang telah disediakan oleh keempat musuh tersebut. Sungguh, pondasi paling awal untuk menguatkan diri kita adalah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Maka, mari dekatkan diri kita kepada Allah SWT agar Allah SWT senantiasa melindungi kita dari musuh-musuh tersebut. Wallahu’alam bishawab…

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *