Close

Mengenal Manfaat Menggambar Kaligrafi Yang Dipelajari Santri TPA Al Hilal

PESANTREN AL HILAL – Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh para santri di TPA Al Hilal adalah menggambar kaligrafi, selain kegiatan santri belajar mengaji, terdapat satu hari yang biasanya di selipkan oleh pengajar di setiap minggunya saat melaksanakan Kegiatan Belajar Mengaji, ya salah satu kegiatan yang diselipkan oleh ustadzah pengajar adalah belajar menggambar kaligrafi.

Kaligrafi merupakan salah satu seni tulis tangan dekoratif. Sahabat Al Hilal, kaligrafi sebenarnya sudah dipraktikkan selama ribuan tahun oleh berbagai budaya yang ada di negara Islam. Meskipun di masa lalu lebih sering digunakan untuk tujuan yang religius, dewasa ini kaligrafi telah digunakan untuk berbagai tujuan.

Tahukah sahabat Al Hilal, alasan para santri mempelajari gambar kaligrafi? Salah satu alasan ustadzah pengajar di TPA Al Hilal menyelipkan pembelajaran gambaran kaligrafi agar motorik para santri lebih terasah, InsyaAllah ketika para santri menggambar kaligrafi sejak maka para santri pun dapat menjaga Al Quran dan sunnah sejak dini. Bukankah hal itu membuat hafalan dan sunnah para santri dapat terjaga?

Tahukah sahabat Al Hilal, bahwa terdapat banyak manfaat yang dapat kita rasakan ketika belajar menggambar kaligrafi? Terlebih ketika para santri sudah mempelajari dan menggambar kaligrafi sejak dini. Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa manfaat ketika para santri mempelajari kaligrafi sejak dini.

  1. Menjaga Al Quran dan Sunnah

Tahukah sahabat Al Hilal bahwa Kaligrafer termasuk ke dalam orang yang berperan dalam menjaga Al Quran dan sunnah? Mengapa demikian? Karena para penggambar kaligrafi membuat Al Quran dan sunnah menjadi tertulis, dan InsyaAllah tulisan itu dapat tersebat dan tersampaikan kepada banyak orang.

  • Memudahkan Dalam Menghafal Al Quran

Saat mempelajari kaligrafi, maka penggambar kaligrafi akan menuliskan atau menggambarkan ayat Al Quran secara berulang sehingga InsyaAllah tulisan dan gambaran tulisannya sesuai dengan kaidah. Dan InsyaAllah ketika menggambar kaligrafi pun para santri tidak hanya hafal ayat suci Al Quran dengan ucapan melainkan dengan tulisan.

  • Menambah Kecintaan Terhadap Ayat Al Quran

Tahukah sahabat Al Hilal, keindahan membuat orang yang melihatnya merasa takjub? Oleh karena itu, InsyaAllah saat menulis atau melihat kaligrafi rasa cinta terhadap ayat Al Quran akan semakin bertambah.

  • Meningkatkan Kreatifitas

InsyaAllah ketika para santri terus mengasah kemampuan menggambar kaligrafi, maka kreatifitas para santri pun akan terus terasah dan akan terus meningkat.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *