Kegiatan rutin belajar mengajar dan mengaji serta Doa dan Dzikir Akbar Santri Yatim dan Penghafal Quran Pesantren Al Hial kembali dilaksanakan pada Kamis (17/11/2022) nih sahabat Al Hilal! Alhamdulillah wa syukurillah, adik-adik Rumah Tahfidz dan Pesantren Al Hilal pun menutup kegiatannya dengan Doa dan Dzikir Akbar.

Hampir sama seperti kegiatan belajar mengajar serta mengaji di Pondok Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal 1 sampai 8 setiap harinya, dalam kegiatan belajar mengajar yang rutin dilaksanakan di Rumah Tahfidz dan Pesantren Al Hilal tersebut, para santri membaca bacaan hariannya atau tadarus dan tilawah.

Doa & Dzikir Akbar Bersama Santri Al Hilal Se-Jawa Barat
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Tak hanya kegiatan belajar mengajar, menjadi salah satu budaya yang dilaksanakan oleh para Penghafal Quran di Pondok, para santri juga melaksanakan kegiatan Doa dan Dzikir Akbar.

Setelah melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar, Alhamdulillah, Doa dan Dzikir Akbar secara virtual berhasil diikuti dan dihadiri oleh sebanyak 329 Peserta.

Dimoderatori oleh Elis, salah satu Staff Marketing Komunikasi LAZISWAF Pesantren Al Hilal, dan diisi oleh Ustaz Agus Al Muhajir, acara Doa dan Dzikir Bersama Anak Yatim Penghafal Quran di 8 Pondok Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal dengan tema “Ma’rifatullah” telah dilaksanakan dengan baik tanpa adanya kendala apapun.

Acara berlangsung dengan hikmat serta para peserta pun sangat antusias untuk mengikuti acara yang rutin diselenggarakan ini.

Sahabat Al Hilal, seperti yang telah kita ketahui, bahwa acara Doa dan Dzikir Bersama Anak Yatim Penghafal Quran di 8 Pondok Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal pasti selalu dibarengi dengan buka bersama para santri karena sebelumnya mereka melaksanakan kegiatan puasa shaum sunnah setiap senin dan kamis.

Alhamdulillah, para santri pun selalu antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut. Acara Doa dan Dzikir Bersama Anak Yatim Penghafal Quran di 8 Pondok Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal dibuka pada pukul 18.30 WIB dengan pembukaan dari MC yang kemudian dilanjutkan dengan melantunkan Tilawah QS. Al Ikhlas oleh santri Pondok Pesantren Al Hilal 2 Cipadung, kemudian pembacaan asmaul husna bersama-sama yang juga dipimpin oleh Pondok Pesantren Al Hilal 2 Cipadung.

Doa & Dzikir Akbar Bersama Santri Al Hilal Se-Jawa Barat
Dokumentasi pesantrenalhilal.com

Sebelum inti acara, Ustaz Agus menyampaikan kajiannya kepada para peserta zoom Doa dan Dzikir Bersama Anak Yatim Penghafal Quran di 8 Pondok Pesantren dan Rumah Tahfidz Al Hilal.

“Salah satu ilmu yang wajib kita pelajari adalah Marifatullah. Kenapa Allah SWT memerintahkan kita untuk mengenali-Nya? Salah satunya adalah untuk menjadi hamba-Nya yang baik, seorang hamba harus kenal dengan pencipta-Nya, seorang hamba harus mengenal Tuhannya. Karena mustahil kita bisa menjadi hamba yang baik jika kita tidak mengenal-Nya. Bagaimana caranya menjadi hamba yang Ma’rifatullah? Salah satunya yaitu dengan menggantungkan harapannya hanya kepada Allah, hanya menghamba kepada Allah. Bagaimana caranya mengenal Allah? Maka kembalikan semuanya kepada Al Quran, bacalah Al Quran kenali Allah melalui setiap ayat-ayat Al Quran. Barang siapa yang mengenal Allah In Syaa Allah akan menjadi pribadi yang hidupnya akan merdeka serta penuh dengan ketenangan dan ikhlas. Semakin kita kenal Allah maka semakin tenang” ujar Ustaz Agus selaku pemateri.

Hingga akhirnya doa dan dzikir pun dilaksanakan serta dipimpin langsung oleh Ustaz Arif. Alhamdulillah sahabat Al Hilal, Doa dan Dzikir Akbar Secara virtual pekan ini sudah dilaksanakan dan berakhir pada pukul 19.30 WIB. Siapa nih Sahabat Al Hilal yang hadir dalam ruangan virtual dan memanjatkan doa serta dzikir terbaik semalam? Apa nih pesan yang paling menyentuh dari Ustadz Agus Al Muhajir kemarin menurut sahabat Al Hilal?

Insya Allah, doa yang telah disampaikan oleh Sahabat Al Hilal semua akan diijabah dan didengar oleh Allah SWT, karena didoakan oleh anak-anak yatim dan santri penghafal Al Quran. Aamiin Yaa Rabbal Alaamiin.

Youtube: Pesantren Yatim Alhilal

Penulis: Aisyah

×